Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All About Efisiensi Bahan Bakar, Tetap Bijak Meski Harga Menanjak

billy - Jumat, 28 Juni 2013 | 15:10 WIB
No caption
No credit
No caption


Kenaikan harga bahan bakar bersubsidi jelas memiliki dampak yang tak sedikit. Sisi positif dari kenaikan tersebut, pemilik mobil ‘dipaksa' untuk lebih bijaksana dalam berkendara. Sebab, sesungguhnya yang bisa mengontrol boros atau tidaknya konsumsi bahan bakar, dari pemilik atau pengendara mobil itu sendiri.

Mengetahui cara mengemudi yang benar mampu membuat mesin lebih efisien dalam menenggak bahan bakar. Demikian juga dengan metode akselerasi maupun deselerasi. Kecil memang, namun memiliki dampak yang cukup baik terhadap tingkat konsumsi bahan bakar.

Saat melakukan akselerasi, sebaiknya dengan cara perlahan. Hindari dengan cara menekan pedal gas secara tiba-tiba, karena dengan perlakukan ini, bahan bakar akan lebih banyak tersedot.

Demikian juga saat deselerasi. Lakukan pengereman dari jarak jauh. Sebab pengereman yang keras, akan membuat awal akselerasi menjadi lebih berat, yang berarti membutuhkan injakan pedal gas lebih dalam.

Hal penting lainnya yang juga jarang dilakukan yakni merencanakan rute. Manajemen arah ini penting supaya bisa diketahui jalan pintas yang bisa dilalui atau jalan yang lebih lancar. Sehingga tak melakukan pemborosan bahan bakar dan waktu.

Rutin melakukan servis juga mampu membuat mesin tetap efisien bahan bakar. Sebab dengan hal tersebut, percikan api, campuran bahan bakar dengan udara, jumlah pasokan udara dapat tetap maksimal.

Selain itu, sesuaikan pasokan bahan bakar dengan teknologi dan kompresi mesin. Jangan pakai bahan bakar dengan oktan rendah jika dalam buku manualnya dianjurkan menggunakan oktan tinggi.

Masih ada beberapa hal lagi yang bisa diperhatikan supaya konsumsi bahan bakar tetap efisien. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa