Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Intip Fitur Keselamatan New Vios Matik

Senin, 3 Juni 2013 | 16:31 WIB
No caption
No credit
No caption



Bogor – Berbeda dengan mobil manual yang dapat mengandalkan bantuan engine brake kala mengerem, mobil-mobil bertransmisi otomatis butuh komponen tambahan yang membuat pengereman lebih mumpuni tanpa adanya engine brake.

Dan pada generasi terbaru low sedan, New Vios pabrikan Toyota telah membekali dua fitur tambahan yang membantu sistem pengereman lebih maksimal. 

Yang pertama adalah fitur dual brake booster vacuum injector. Sistem ini membantu proses vacuum yang membantu pengereman dengan tambahan selang dan injector yang terdapat di balik kap mesin.

“Sehingga kinerja rem lebih ringan. Karena saat berjalan, tipe matik lebih banyak mengerem ketimbang manual yang telah tersedia engine brake,” papar Dadi Hendriadi, Division Head Technical Service Division PT TAM.

Selanjutnya tertanam fitur Override. Aplikasi fitur ini terinspirasi kasus recall Toyota secara massif di Amerika. Waktu itu, kasus yang terjadi adalah menguncinya kecepatan di saat pedal gas tersangkut karpet. Bahkan, saat pengemudi mencoba mengerem, mobil tetap tak menurunkan kecepatan. 

“Nah, kesalahan tersebut coba dieliminasi dengan fitur Override. Jadi walau pedal gas tersangkut karpet atau sepatu, tapi saat pedal rem diinjak, kecepatan tetap turun dan nggak nge-lock. Sehingga kecepatan akan dikurangi sesuai penggunaan dan mobil bisa dikendalikan,” pungkas Dadi. (Mobil.otomotifnet.com )


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa