Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cuci Steam Bikin Kijang Innova Kebakaran?

Rabu, 21 November 2012 | 11:02 WIB
Cuci Steam Bikin Kijang Innova Kebakaran?
Cuci Steam Bikin Kijang Innova Kebakaran?

Jakarta - Satu unit Toyota Kijang Innova terbakar di kawasan Kuningan, Jakarta tadi malam. Apa penyebabnya? Sang pengemudi mengatakan sempat mencuci steam mobilnya sebelum terjadi kebakaran tersebut.
 
Apa benar cuci steam bisa menyebabkan Kijang Innova tersebut kebakaran? Untuk menjawabnya, Kepala Bengkel Plaza Toyota, Parman Suanda coba memberikan gambarannya. Menurutnya, penyebab paling umum ya karena konsleting.
 
Namun, ia juga mempertanyakan bagaimana cara mobil tersebut dicuci steam. "Kalau mencucinya sampai membuka kap mesin, ya sudah jelas berbahaya!," tegasnya.
 
Parman menjelaskan, karena pada mobil-mobil modern, sudah banyak menggunakan dan mengandalkan sistem elektrik. Nah, semprotan steam yang keras tersebut punya potensi menembus celah-celah pada soket elektronik tersebut, dan bahkan meninggalkan sisa air sehabis mencuci.
 
Namun, parman juga menjelaskan, penyebab konsleting yang membuat mobil terbakar juga bisa karena pemasangan aksesoris tambahan yang berhubungan dengan kelistrikan. Misalnya memasang lampu tambahan, atau aksesoris lainnya yang menggunakan arus listrik.
 
"Mungkin juga begini, mobil dipasang lampu tambahan atau ganti headlamp. Harus diperhatikan juga kualitas kabelnya, kualitas soket dan juga cara pemasangan yang benar. Bila kabel terkelupas dan menempel pada bodi mobil, ini yang menyebabkan korslet, ditambah mobil dicuci steam, tambah parah," jelasnya.
 
Karenanya, tutup Parman, pemasangan aksesoris apapun pada mobil yang berkaitan dengan sistem elektronik harus benar-benar memperhatikan spesifikasi dan menyesuaikan dengan standarnya, sehingga kejadian mobil hangus tidak terjadi. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa