Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Power Window Toyota Yaris, Cegah Kerja Motor Melemah

billy - Kamis, 8 November 2012 | 08:05 WIB
No caption
No credit
No caption


Power window (PW) Toyota Yaris sejatinya sudah dibekali fitur antijepit di bagian pintu pengemudinya. Sistem buka-tutup kaca pada pintu sopir ini juga dilengkapi mode otomatis (AUTO), yang memungkinkan proses naik-turun kaca dilakukan dengan sekali tekan pada tombol di master PW.

Namun lantaran kerap dibuka-tutup saat harus membayar parkir atau masuk di pintu tol, debu mudah masuk ke celah got pada karet rel kaca (run door glass). Lama kelamaan kotoran yang menumpuk itu menyebabkan gerak turun-naik semakin seret dan otomatis akan menambah berat kerja motor PW itu sendiri (Gbr.1).

Indikasi PW mulai melemah ditandai dengan bunyi abnormal. Menurut Andre Obrien Sangap, sumber bunyi dapat berasal dari beberapa komponen. "Kalau suaranya agak keras dan terdengar mirip suara ngik-ngik-ngik ketika kaca dinaikkan secara auto, kemungkinannya dari motor assy PW yang mulai melemah kerjanya. Tapi kalau suaranya sangat kasar dan ada bunyi benturan dua komponen keras, kemungkinannya berasal dari bagian mekanik pendukung seperti hinge regulator dan pinion di motor assy PW-nya," papar Section Head-Body & Part Group PT Toyota Astra Motor (TAM) ini.


Beberapa kasus yang terjadi pada Yaris dengan umur pemakaian di atas tiga tahun, bunyi abnormal tadi lebih banyak berasal dari komponen motor assy PW yang terindikasi mulai melemah kerjanya (Gbr.2). Jika tak segera diatasi dikhawatirkan bisa macet mendadak, terutama saat kaca dinaikkan lantaran motor PW bekerja lebih berat ketimbang ketika kaca diturunkan.

Untuk menghindari kemungkinan macet, saran Andre, mengganti komponen motor assy PW dengan banderol sekitar Rp 2,3 jutaan di bengkel resmi (Gbr.3).

Disarankan setelah mengganti motor PW, pemilik mesti rutin menyemprotkan silikon grease di bagian run door glass, idealnya 6 bulan sekali agar kebersihan di bagian dalam rel kaca tetap optimal (Gbr.4).

"Tapi kalau belum sampai 6 bulan sudah terlihat mengering, bisa langsung disemprotkan lagi. Sebab selain berfungsi untuk membuat karet kembali lentur, cairan ini sekaligus buat lubrikasi sisi kaca ketika naik-turun," saran Andre lagi.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa