Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perbaiki Switch Fuel Cap Honda Freed, Cegah Pintu Ogah Terbuka

billy - Selasa, 23 Oktober 2012 | 16:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Honda Freed dengan model power sliding door (PSD) sebenarnya dilengkapi sistem penahan pada kedua panel pintu kabin tengahnya. Ketika switch penutup lubang bensin di sisi bodi kiri belakang tidak tertutup dengan rapat, pintu tak mau terbuka.

Menurut pengalaman Sarto Rombe, Service Manager Honda Megatama Pondok Pinang, Jaksel, banyak pemilik yang panik lantaran pintu geser otomatis di mobilnya tak mau terbuka. Hal ini lantaran kerja motorik PSD Freed langsung terhubung dengan tombol penutup tangki bensin.

"Jika switch penonjok kunci penutup bensinnya tidak dalam posisi masuk atau tertekan, maka sliding door sebelah kiri tidak mau terbuka meski pun handle pintu sudah ditarik manual pakai tangan," jelas Sarto.

Kondisi tadi, lanjut pria murah senyum ini, kerap dipicu akibat penutup bensin sering ditekan berulang kali ketika central lock masih dalam kondisi mengunci. Biasanya saat mengisi bahan bakar di SPBU, beberapa petugas pengisian ada yang tidak paham jika penutup bensin Freed baru dapat terbuka setelah semua kunci pintu di-unlock.


Imbasnya, dudukan tombol buka-tutup cover bensin terlepas dan amblas ke dalam lubang dudukannya, dengan posisi switch masih tegak atau tidak tertekan (Gbr.1). Hal inilah yang membuat sliding door sisi kiri tak mau membuka secara otomatis, lantaran penutup lubang bahan bakar di bodi kiri masih sedikit menganga (Gbr.2).

Tips bagi pemilik Freed yang tiba-tiba mengalami problem serupa, cek terlebih dulu switch panel tutup bensinnya. Kalau kedapatan sudah amblas ke dalam lubang dudukannya, gunakan tang jepit untuk menarik tombol buka-tutup cover bensin itu ke luar (Gbr.3).

Kemudian, kencangkan posisi dudukan berbentuk ring plastik itu pakai tang jepit, dengan memutarnya ke arah kiri secara perlahan. Sampai terasa kedua ujung penahan atas-bawahnya mentok dan tak bergeser lagi (Gbr.4).

Kalau sudah begitu, dijamin masalah sliding door kiri tak mau membuka, langsung kembali normal seperti kondisi standar.

Coba deh. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa