Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Audiio Isuzu mu-X Sudah Berteknologi Surround dan True mirroring

Rabu, 24 September 2014 | 09:11 WIB
No caption
No credit
No caption



No caption
No credit
No caption

 
Saat presentasi, dijelaskan kalau jumlah speaker ada 8 buah. Padahal saat dihitung, hanya ada 6 speaker yang terdiri dari 2 tweeter, 2 speaker di door trim depan serta 2 di door trim belakang. Nah, 2 lagi dimana?

Ternyata, dua speaker lainnya terdapat di plafon. Penempatannya, persis di atas driver dan penumpang depan. “Untuk mengetahuinya mudah. Putarlah musik dengan volume besar, lalu tempelkan telapak tangan di plafon di atas driver. Akan terasa getaran di sana,” buka Wisnu Aji Wijaya, Industrial Design Department PT Isuzu Astra Motor Indonesia.
No caption
No credit
No caption


Dua speaker berteknologi surround disembunyikan di balik plafon, di atas driver dan penumpang depan

Staging atau penempatan speaker di wilayah plafon ini untuk mendapatkan efek surround pada sistem audio. Surround merupakan teknologi yang menghasilkan efek suara seperti mengelilingi pendengarnya. Jadi, seakan-akan kita berada di tengah adegan sebuah film.

Nah, teknologi surround inilah yang diterapkan pada mu-X. “Makanya, efek surround baru akan sangat terasa ketika memutar film. Kalau mendengarkan musik, teknologi surroundnya tidak terlalu berasa,” tambah pria berkacamata ini.

No caption
No credit
No caption

Device dan gadget bisa dikontrol melalui head unit

Teknologi surround ini biasa ditemui pada sistem audio rumahan atau home theatre yang menganut sistem 5.1 ke atas. Itupun dengan instalasi dan setting yang tidak mudah. “Makanya dalam pengembangan sistem surround di mu-X kita men-develope bareng dengan Kenwood selaku supplier. Sehingga, suara yang dihasilkan benar-benar surround mendekati home theatre,”’ tambah pria berkulit bersih ini.

No caption
No credit
No caption

 
Sudah dilengkapi port HDMI

Tak hanya itu saja. Keunggulan lainnya adalah pada head unit Kenwood seri DNR 8035 BT. Dilengkapi dengan True Mirroring, lebih advance dibanding mirrorLink.

Pada sistem mirrorLink hanya menampilkan sebagian dari fitur yang ada pada device atau gadget. Misal pada Android, HU hanya menampilkan peta navigasi, foto dan lagu. “Sedangkan pada True Mirroring, menampilkan semua yang ada pada device. Mulai video, kontak, internet, sosial media seperti Facebook, Path dan Instagram. Pokoknya, semua fitur yang ada pada device bisa berfungsi semua,” tegas pria ramah ini. Sehingga, fitur-fitur canggih pada gadget pun bisa dioptimalkan di HU ini.

No caption
No credit
No caption

Head unit menggunakan Kenwood DNR 8035 BT. Dilengkapi fasilitas True Mirroring

Tidak hanya itu. True Mirroring juga membuat HU bisa mengontrol semua menu pada device yang sudah terhubung. Jadi kontrol tak lagi pada handphone tapi pada HU. Inilah yang tidak dimiliki oleh mirrorLink.


Audio steering switch. Pindah channel dan adjust volume dengan mudah

Koneksi dengan gadget pun tak dibatasi menggunkan AUX dan port USB saja. Bahkan sudah dilengkapi port HDMI. Pantas saja jika sektor audio menjadi senjata mu-X bertarung di pasar SUV yang sedang menggeliat ini. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa