Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lima Inovasi Untuk Mereduksi Getaran Mesin

billy - Jumat, 6 September 2013 | 10:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Berkendara bukan hanya melulu tentang seberapa cepat atau seberapa bagus tampilan luar mobil Anda yang memukau. Kenikmatan berkendara tidak akan pernah lengkap jika tidak ada kenyamanan. Getaran mesin yang terasa sewaktu berkendara tentu bukan suatu bentuk kenyamanan yang diinginkan, bukan? Untuk itu mari lihat kembali 5 inovasi yang mereduksi getaran mesin sehingga Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

1. Engine Mounting

Ledakan di dalam silinder dan berbagai part internal mesin yang senantiasa bergerak ribuan kali per menitnya membuktikan bahwa getaran mesin pasti ada. Namun, getaran mesin yang terasa sampai di dalam kabin itu yang tidak Anda inginkan. Nah, engine mounting merupakan ‘barisan terdepan’ dalam menghadapi getaran mesin. Ia terletak di antara badan mesin dan sasis mobil. Material karet yang tebal dan kaku pada engine mounting dapat mereduksi getaran yang dihasilkan mesin.

2. Teknik Stiffening

Mobil yang tidak secara maksimal di-assemble pabrik, akan menghasilkan getaran pada chassis dan bodi mobilnya. Jika Anda merupakan salah satu korbannya, teknik stiffening merupakan solusinya. Penggunaan frame rail pada bawah gear box akan mempersatukan chassis dan getaran akan direduksi seiring bodi yang makin ‘kaku’ atau stiff. Pemasangan strut bar juga ikut turut meningkatkan stiffness pada rangka.


3. Sistem Pembakaran Mutakhir

Jauh sebelum adanya sistem komputerisasi pada mesin mobil sekarang ini, seringkali pengguna mobil kebingungan menghadapi getaran yang ditimbulkan dari mesin. Adanya busi yang misfiring akhirnya mengganggu ritme piston yang seringkali menjadi penyebabnya. Dewasa ini, jika hal seperti di atas terjadi, maka indikator “check engine” pada dashboard mobil anda akan menyala. Akhirnya, teknologi sekali lagi dapat memudahkan Anda menemukan masalah pada mobil anda.

4. Peredam Getaran Crankshaft

Crankshaft yang terlihat kokoh dan solid juga mempunyai batas daya tahannya terhadap kinerja yang dihasilkannya. Ribuan putaran untuk menopang kinerja piston akhirnya menimbulkan getaran yang signifikan. Untuk itu, pada tahun 1911 Frederick Lanchester menemukan Harmonic Balancer atau Vibration Damper/Crankshaft Pulley. Getaran crankshaft tadi akhirnya bisa terkontrol dan crankshaft tidak rentan untuk rusak bahkan patah dengan adanya Harmonic Dampers ini.

5. Active Vibration Control

Teknologi yang satu ini bisa dibilang sama dengan Noise-Canceling pada Headphone. Pada alat dengar tersebut suara mengganggu di sekitar Anda akan terdeteksi oleh mic dan perangkat elektonik di dalamnya akan melawan frekuensi suara tadi sehingga tercipta keheningan di sekitar Anda.

Singkatnya, perangkat Active Vibration Control yang ada di mobil akan mendeteksi getaran yang timbul dan melawannya dengan getaran yang sejenis namun berbeda 180 derajat sehingga getaran tadi bisa diredam dan kenyamanan berkendara anda semakin maksimal. (mobil.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa