Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wow, Goodyear Bikin Ban Untuk Luar Angkasa

billy - Senin, 26 Maret 2012 | 13:08 WIB
No caption
No credit
No caption


Geneva – Belum lama ini produsen ban asal Amerika, Goodyear bekerja sama dengan Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) membuat terobosan baru, berupa ban untuk kendaraan luar angkasa yang dijuluki Spring Tire.

Ban ini terbuat dari 800 pegas bantalan, yang dipasang pada poros logam enam. Pegas-pegas itu dapat disesuaikan dengan medan yang bervariasi di planet, sehingga dapat bergulir tanpa membuat kendaraan berguncang secara berlebihan.

Spring Tire dirancang untuk membawa kendaraan dengan bobot 10 kali lebih berat dari kendaraan biasa. Ban ini didesain tanpa angin dengan jaring kawat yang digunakan oleh Goodyear untuk digunakan kendaraan jelajah Apollo Lunar Roving Vehicle (LRV).
 
“Ban ini sangat tahan lama dan hemat energi," kata Joe Lettieri, peneliti utama Goodyear pada proyek Ban Spring." Kontur desain musim semi ke permukaan memberikan traksi maksimum. Semua energi yang digunakan untuk merusak ban, sehingga tidak akan menghasilkan panas seperti ban pneumatik. "

Goodyear mengatakan bisa saja ban ini diaplikasikan di bumi namun pihaknya belum memiliki rencana ke arah itu. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa