Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harga BBM Makin Mahal, Bagaimana Kabar Biofuel?

Kamis, 4 Juli 2013 | 16:32 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Makin mahalnya harga BBM dari waktu ke waktu yang disebabkan kelangkaan minyak bumi memaksa pemerintah untuk menghasilkan bahan bakar alternatif terbarukan seperti biofuel yang dihasilkan oleh tanaman.

Sayangnya, jika beberapa waktu lalu pemerintah sempat menguji beberapa bahan bakar alternatif, seperti solar jarak dan ethanol, saat ini justru tak ada lagi gaungnya.

Menanggapi hal tersebut, Muhidin, Staf Dirjen Migas Kementerian ESDM menyatakan jika saat ini pemerintah telah mengizinkan penggunaan bio fuel seperti ethanol. “Ethanol dari sisi pemerintah sudah mengizinkan. Namun masih terkendala dari sisi ekonomi, dengan subsidi kurang harganya tak akan mampu bersaing,” urainya.

Dirinya menambahkan jika saat ini ketersediaan dan peraturan pemerintah mengenai sumber energi alternatif dan terbarukan sudah disahkan. “Bahkan rencananya pada tahun 2025 sudah bisa memakai 17 persen bahan bakar alternatif,” ungkap Muhidin pada seminar bertajuk Penggunaan Octane Enhancer Non Oxygenate Dalam Bahan Bakar Bensin pada Rabu (3/7).

Lebih jauh, pihak peneliti dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (PPPTMGB) Lemigas menyatakan hasil gas buang dan efisiensi campuran bbm dan ethanol sangat baik.

“Ethanol 5 persen, dicampur dengan bbm hasilnya bagus. Tapi kekurangannya adalah pengaruh pada komponen mesin. Nah, ini tugas produsen untuk kesiapan teknologi mereka pada aplikasi ethanol,” pungkas Lies Aisyah, peneliti dari PPPTMGB. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa