Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Banyak Mobil Terbakar, Piranti Pemadam Api Masih Sepi Peminat

Rabu, 10 April 2013 | 11:39 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta – Meski belakangan ini banyak kasus terbakarnya mobil di jalan raya, namun tak serta merta membuat pengguna mobil panik dan berbondong-bondong membeli tabung pemadam api (fire extinguisher). Hal ini diakui beberapa gerai aksesoris otomotif.

“Permintaan tabung pemadam masih sepi. Meski banyak kebakaran mobil, tapi sampai kini belum ada yang menanyakan ketersediaan tabung pemadam. Karena sifatnya yang memiliki umur singkat, kami tak berani menyetok barangnya di toko,” ungkap Chandra dari Karunia Agung Motor di Pasar Mobil Kemayoran blok B28-29, Jakarta Pusat (021 6546847)

Begitu pula dengan gerai Automania di Mega Grosir Cempaka Mas, Blok D1/17, Jakpus. Telepon 021-42906717. “Kami tak menyediakan piranti pemadam api karena minimnya permintaan,” jelas Hendra Budiman, pemilik gerai.

Tabung pemadam sendiri mengandung campuran sodium bicarbonate atau potassium bicarbonate dan calcium carbonate.

Persenyawaan bahan mudah terbakar, sumber panas seperti hubungan pendek listrik, reaksi kimia serta oksigen (O2) berpotensi mengundang kebakaran. Nah, bahan yang terkandung dalam tabung ber­fungsi menghilangkan oksigen pada kebakaran tersebut.

Di pasaran, tersedia dalam ukuran Kg dan Ml. Sebagai catatan, harga sebuah tabung pemadam ukuran 400 ml sekitar Rp 100 ribu termasuk bracket. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa