Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Peremajaan Bus Dan Truk, Andalkan Jasa Karoseri

billy - Kamis, 16 Agustus 2012 | 15:03 WIB
Upgrade & Peremajaan Kendaraan Komersial (no pic)
Upgrade & Peremajaan Kendaraan Komersial (no pic)

Ilustrasi. Isuzu GIGA FVZ 285
Taufiq JF
Ilustrasi. Isuzu GIGA FVZ 285
Ilustrasi. Isuzu GIGA FVZ 285
Taufiq JF
Ilustrasi. Isuzu GIGA FVZ 285

Bicara kendaraan komersial tentu tak dapat dipisahkan dengan bisnis karoseri, sebagai penyedia jasa layanan untuk pembuatan bodi hingga interior bus.

Seperti truk yang dari showroom resminya masih dijual model sasis tanpa disertai bak atau boks pendukungnya. Serta unit bus dengan basic dari tiap produsennya yang masih berupa sasis tanpa kabin seperti halnya pada truk.

Untuk melakukan upgrade dari versi sasis menjadi sebuah bus maupun truk komplet dengan bak atau boks, sangat mengandalkan jasa karoseri yang juga dapat dimanfaatkan untuk peremajaan armada lama.

Keberadaan perusahaan karoseri atau pembuat bodi bus serta bak atau boks untuk truk ini sudah ada sejak lama, dan jumlahnya pun mungkin sudah tak terhitung lagi saat ini. Nama-nama besar seperti New Armada, Laksana Karoseri, Karoseri Adi Putro Malang serta Karoseri Roda boleh dibilang sebagai pemain kuat di bisnis ini.

Produk yang ditawarkan umumnya seperti pembuatan bodi bus, bak serta boks untuk varian truk. Seperti PT. Mekar New Armada Jaya (Karoseri New Armada) di Jl. Raya Mertoyudan, Magelang, Jateng ini.

Produknya seperti dump truck (bak besi untuk kendaraan komersial kategori Heavy duty), Boks besi, boks aluminium, boks composite. Serta pembuatan bus mulai dari jenis mini bus, small bus, medium bus hingga big bus.

Laksana Karoseri dengan production plant di daerah Ungaran, Jateng, lebih fokus pada pembuatan bodi untuk bus.

Seperti jenis touring coach yang merupakan jenis bus pariwisata dengan fasilitas kenyamanan lebih komplet. Adapula jenis intercity bus untuk peruntukan bisnis transportasi antar kota-antar propinsi seperti bus malam, termasuk bis kota.

Kualitas pengerjaan dari karoseri-karoseri tadi boleh diadu. Semisal Laksana Karoseri yang dipercaya perusahaan di bidang jasa angkutan umum bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) seperti Safari Dharma Raya, Sumber Alam, ALS (Antar Lintas Sumatra) dan masih banyak lagi.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa