Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengintip Kelengkapan Mobil Derek Transformer Jasa Marga

Kamis, 6 November 2014 | 14:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Wajar saja jika predikat multipurpose Truck disandangkan pada kendaraan milik Jasa Marga ini. Tugas berat yang diemban kendaraan ini mulai dari menarik kendaraan, mengangkat, mengendong, memadamkan sampai ekstrikasi penanganan korban kecelakaan yang tergencet maupun terjebak dalam kendaraan.

Dengan segala kelengkapannya, kendaraan seharga Rp 9 miliar ini mampu mengakomodasi segala permasalahan kecelakaan yang terjadi. Secara dimensi kendaraan ini memiliki panjang 11,9 meter dengan lebarnya 2,5 meter dan tinggi 3. 

Dibagian tengahnya ditanami hydraulic crane dengan kekuatan angkut, lifting 40 ton pada teleskopik terpendek atau yang pertama. Untuk teleskopik ke 2 mampu ngakut beban 25 ton dan telskopik ke 3, 9 ton. Secara total panjang teleskopiknya 11 meter.

Hydraulic crane bisa bergerak bebas dengan radius putar 210 derajat. Gunanya untuk mengevakuasi kendaraan berat setelah kecelakaan. Baik yang terjadi di lajur, median / pembatas maupun pada ride of way sisi, luar jalan tol.
 
Untuk menarik kendaraan, rescue car ini dilengkapi 5 buah wins. Satu di bagian depan dengan daya tarik 15 ton, dan 4 buah di samping dengan kekuatan tarik masing – masing 20 ton dan 30 ton. Keseluruhan alat ini dikendalikan oleh remot control. Artinya sudah tidak manual lagi dan bisa dioperasionalkan hanya dengan satu orang operator atau petugas.

Truk ini dibekali mesin berkapasitas mesin 12.419 cc dan kecepatan maksimum 110 km/jam kendaraan ini mampu menggendong beban sampai 25 ton. Dilengkapi juga alat pemotong baja dan untuk merenggangkan bagian sempit untuk ekstrikasi atau membebaskan penumpang yang terjebak di dalam kendaraan yang rusak berat.
 
Rescue car juga dilengkapi tangki air berkapasitas 2000 liter berikut alat pemadamnya untuk mengantisipasi kendaraan yang terbakar serta lampu penerangan berkapasitas 6000 watt untuk evakuasi malam hari. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa