Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jelang GP Catalunya: Montmelo Yang Banyak Suguhkan Atraksi

Jumat, 12 Juni 2015 | 12:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Barcelona - Ronde 7 MotoGP pekan ini berlangsung di sirkuit yang menyuguhkan karakter sirkuit nan menantang. Seri ini digadang-gadang menyaksikan duel seru para kontestannya.

Karakter sirkuit dengan panjang 4,727 km ini merupakan trek karakter kecepatan tinggi karena desainnya yang begitu banyak menyuguhkan tikungan yang dapat dilibas dengan kecepatan tinggi (high speed cornering).  Dengan straight menacapai 1,047 km menegaskan trek ini benar-benar berkarakter cepat karena motor dapat menembut top speed hingga 330 km/jam lebih.

Lokasi trek hanya 20 km meter dari kota Barcelona membuat sirkuit Catalunya yang diresmikan 1991 selalu menjadi langganan host kejuaraan balap motor prototipe ini.  Trek Barcelona-Catalunya ini juga menjadi sirkuit yang selalu menghelat MotoGP dan F1 dalam semusim ini. Trek yang multifungsi dan menghadirkan suguhan menarik dari kompetisi yang digelarnya.



Salah satu tontonan seru pentas MotoGP di sirkuit ini terjadi di musim 2009 di mana duel seru antara pembalap tim Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo begitu alot dan seru. Sempat terjadi insiden senggolan hingga penentuan pemenang ditentukan hingga lap terakhir dan di tikungan pamungkas treak Barcelona. Valentino Rossi berhasil menjadi kampiun mematahkan perlawanan Jorge Lorenzo.

Sirkuit Barcelono-Catalunya ini selalu mendapat penghargaan sebagai trek terbaik menggelar MotoGP. Salah satu alasan MotoGP selalu dihelat di sirkuit ini adalah daya tampung penonton mencapai 104.000 pasang mata mampu menjual habis karcis tontonannya. Semoga saja MotoGP ronde 7 di sirkuit Barcelona-Catalunya kembali menyuguhkan tayangan yang amat seru. (otosport.otomotifnet.com)

 DATA & INFO TREK
 Nama sirkuit  Circuito de Barcelona-Catalunya
 Panjang  4,727 km
 Lebar  12 meter
 Jumlah tikungan  5 kiri/9 kanan
 Straight  1,047 km
 Dibangun  1991
 Dimodifikasi  1995
 Rekor Pole Position  Dani Pedrosa (Honda, 2013), 1:40,893
 Rekor Lap  Marc Marquez (Honda 2014), 1:42,182
 Total Lap MotoGP  25 lap/118,175 km
 Total Lap Moto2   
 23 lap/108,721 km
 Total Lap Moto3   
 22 lap/103,994 km

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa