Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

F1 : Penampakan Perdana Mobil F1 Williams FW37

Dimas Pradopo - Kamis, 22 Januari 2015 | 15:46 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Inggris – Williams Martini Racing jadi tim pertama yang memperlihatkan mobil barunya untuk kompetisi 2015, ketika foto mobil FW37 muncul di sebuah sampul majalah F1 Racing, Inggris.

Tidak seperti Force India yang hanya menampilkan desain warna mobil, Williams justru memberi tahu desain mobil baru buat 2015. Pada foto terungkap bentuk hidung yang lebih pendek dan aerodinamika yang diperbarui dari mobil 2014.

Bentuk moncong disesuaikan dengan regulasi baru yang dirancang jadi lebih baik ketimbang tahun lalu yang desainhya terkesan jelek. Bagian depan dan geometri moncong memiliki dampak banyak pada aerodinamika mobil.

Direktur teknik Williams, Pat Symonds mengungkapkan kepada majalah Autosport bahwa tim bermarkas di Grove, Inggris ini membuat membuat FW37 pada 2014, usai mereka finish di peringkat ketiga klasemen kejuaran konstrutor di belakang Mercedes dan Red Bull.


Sebenarnya, pengerjaan mobil baru ini sudah dilakukan sebelum mobil 2014 (FW36) melaju di aspal, sekitar setahun lalu. Tetapi seiring perkembangan, terjadi beberapa perubahan menyesuaikan regulasi. Yang menurut Symonds, perubahan regulasi itu membuatnya sakit kepala.

Di era baru pemakaian mesin hybrid V6 turbo, Williams yang menggendong dapur pacu Mercedes, berada di depan tim besar seperti Ferrari dan McLaren. Padahal di musim 2013 ketika menggendong mesin Renault, mereka ada di urutan 9.

Symonds mengatakan, kompetitif itu hal yang relatif. Ia menyiratkan timnya bekerja dengan anggaran lebih kecil dari Red Bull dan Ferrari. Kalau timnya tampil bagus tahun lalu, itu ada unsur keuntungan karena tim-tim lain memiliki masalah.

Dengan tidak adanya perubahan besar untuk musim ini, Williams berharap bisa memenangkan lomba dan gelar juara lewat pembalapnya, Felippe Massa dan Valtteri Bottas.  

FW37 diperkirakan akan menyentuh aspal trek ketika dilakukan uji coba pra-musim pertama di sirkuit Jerez, Spanyol, 1 Februari nanti. (otosport.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa