Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

F1 : Wuih Mobil Balap Ayrton Senna Dijual!

Dimas Pradopo - Rabu, 10 Desember 2014 | 15:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Inggris – Setelah 20 tahun meninggalnya Ayrton Senna, nama pembalap asal Brasil ini masih tetap melekat di hati para fans berat balap F1. Masih banyak orang memburu memorabilia yang berhubungan dengan juara dunia 3 kali yang tewas saat lomba di GP San Marino 1994 itu.

Mulai dari benda kecil seperti pin hingga mobil balapnya. Karena memiliki nilai sejarah yang tinggi. Nah baru-baru ini muncul kabar, mobil yang pertama kali dipakai Senna di balap F1, Toleman TG183B, akan dijual oleh Cars International.

Banyak kisah mengenai mobil yang dipakai Senna di hadapan pendukungnya di GP Brasil, saat debutnya di F1 pada 1984 bersama tim Toleman. TG183B bermesin Hart 415T 1.500 cc ini hanya digunakan di 4 seri pembuka.

Bersama mobil inilah Senna meraih point pertamaketika finish di posisi 6 GP Afrika Selatan. Setelah pensiun, TG183B diganti dengan TG184.

No caption
No credit
No caption

Musim berikutnya Senna pindah ke tim Lotus, namun Toleman menyimpan mobil balap dengan sasis nomor 05 itu. Ketika tim diambil alih Benneton dan mobil ikut dijual ke pemiliknya di Amerika. Namun dikembali lagi ke Inggris awal ‘90-an dalam kondisi utuh.

TG183B dirancang oleh Rory Byrne dan Pat Symonds untuk tim privateer, Toleman. Byrne kemudian dikenal sebagai desainer mobil F1 tim Ferrari dan Symonds kini kepala direktur teknik tim Williams.

Ketika itu (1983) tim Toleman berjuang menghadapi tim pabrikan. Hingga akhirnya muncul Senna, juara F3 berusia 24 tahun yang jadi sorotan di awal keriernya dan jadi ikon F1.


Mobil yang telah membawa seorang pembalap besar dalam awal keriernya di F1 itu kini siap dijual. Komplet dengan livery sponsor Segafredo, setir dibalut kulit, jok dan safety beltnya, blok mesin serta dokumentasi lengkap sejarahnya yang menunjukkan asal mobil itu dibangun.

Pastinya punya nilai historis yang tinggi. Jika Anda tertarik, silakan kontak Cars International di +44 (0) 1488 71029. (otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa