Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kesalahan Panitia, Silvano Christian Akhirnya Juara Rotax Max Challenge Indonesia

Dimas Pradopo - Senin, 29 September 2014 | 14:51 WIB
No caption
No credit
No caption


Silvano Christian saat juara di seri 4, Agustus lalu

Bogor - Insiden tidak mengenakkan terjadi di ajang gokart Rotax Max Tanah Air. Pasalnya kemenangan Ananda Julio Prost di kelas Senior Max Rotax Max Challenge Indonesia (RMCI) 2014 yang sudah diselebrasi di lomba terakhir di sirkuit Sentul, Bogor, Jabar (28/9) dianulir panitia. Apa pasal?

Setelah lomba yang penuh ketegangan dan diwarnai senggolan Silvano dan Julio, diputuskan Silvano bersalah dan disanksi penalti 10 detik. Ini membuat perolehan poin kedua pembalap di akhir klasemen sama, yakni 420 angka.

Sesuai peraturan, penentuan juara berdasar siapa yang menjadi juara terbanyak. Lagi-lagi hasil keduanya sama, Julio pernah juara di seri 2, sementara Silvano pernah juara di seri 4. Dari sini dicarilah siapa finish kedua terbanyak. Alhasil, panitia mengumumkan kalau Julio, pegokart dari MBG Racing tersebut menjadi juara kelas Senior Max RMCI 2014 dan berhak mewakili Indonesia menuju grand final RMC Spanyol.

Masalah muncul ketika panitia menghitung ulang hasil seluruh seri lebih cermat. Hasilnya, Senin (29/9) baru disebutkan kalau pemenang Senior Max RMCI 2014 adalah Silvano Christian. “Sudah diputuskan secara lisan. Tapi secara formal dengan surat belum,” aku Oke Junjunan, promotor Rotax Max Indonesia.

Ia mengakui ada kesalahan perhitungan yang dilakukan panitia. Namun tugasnya untuk memperbaiki kesalahan tersebut. “Ini memang kesalahan. Tapi segala keputusan, bilamana ada kesalahan bisa dikoreksi. Ini memunculkan kebingungan, mestinya tidak diumumkan dulu tapi diteliti kembali,” lanjut Oke yang tidak hadir di seri akhir ini.

Berita ini sekaligus merivisi artikel sebelumnya yang menyebutkan Ananda Julio Prost menjadi juara  dan berhak mewakili Indonesia di ajang Rotax Max Challenge di Valencia, Spanyol pada November 2014 mendatang (otosport.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa