Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Subhan Aksa Diklaim Sebagai Kuda Hitam di WRC2 Acropolis

Bagja - Jumat, 31 Mei 2013 | 19:38 WIB
No caption
No credit
No caption


Sudah 19 pereli mancanegara yang menghuni klasemen sementara FIA 2013 World Rally Championship (WRC)-2, belum termasuk di dalamnya Subhan Aksa, pereli Indonesia dengan tim Bosowa Fastron Rally Team. Putaran 6 WRC di Acropolis Rally, Yunani, yang start Jumat (31/5) malam waktu setempat menjadi arena Subhan memasukkan nama di klasemen. Peluangnya pun sangat terbuka.

“Mobil RRC saya dalam keadaan sangat bagus untuk kondisi Rally Yunani, walaupun belum melakukan testing sama sekali, tapi feeling saya sangat bagus setelah menuntaskan sesi shakedown menjelang SS1 dan SS2 malam ini,” ungkap Subhan Aksa pada saat konperensi pers yang dihadiri para awak media dari penjuru dunia.

Sejak awal, ia tercatat sebagai Kuda Hitam pada salah satu ajang reli prestisius itu. Tak lain karena reputasinya sebagai runner up PWRC Acropolis Rally 2012. Jika tak ada kesalahan nonteknis sebagaimana terjadi di Rally Portugal, Subhan berpotensi mengganggu perang pereli unggulan macam Abdul Aziz Al-Kuwari (Qatar), Nicolas Fuchs (Peru), dan Sepp Wiegand (Jerman) yang tengah memimpin klasemen sementara.

Ketiga pereli itu kebetulan turun bareng di Acropolis dengan target poin maksimal, terlebih buat Fuchs. Sebab, ia sudah ikut 4 seri lomba sebelumnya sedangkan Al-Kuwari dan Wiegand baru memanfaatkan 3 seri. Dengan begitu, hanya tersisa dua seri lomba buat Fuchs mencari poin tambahan musim ini, termasuk Yunani. Mengingat hanya ada 7 seri wajib yang bisa diikuti setiap peserta di WRC2.

Subhan sendiri baru memakai satu jatah, Rally Portugal. Strateginya pun tak seperti tiga nama terdahulu yang memilih seri yang menguntungkan untuk mendulang poin, yakni lintasan-lintasan reli yang diyakini mampu dikuasai. Pendekatan Subhan dan manajemen BFRT tak semata mengacu pada poin, tapi tak kalah penting adalah penambahan jam terbang dan pengalaman untuk bekal ke tahun depan.

Itu sebabnya jatuh pilihan pada arena baru macam  Rally Portugal, Prancis, Wales, dan kemungkinan besar Australia (tentatif) dalam tujuh seri pilihan tahun ini. Selain Rally Acropolis Yunani, dua seri lain yang sudah pernah dijelajahi Subhan dan masuk rute musim ini adalah Rally Spanyol (musim lalu podium ketiga) dan Rally Jerman.

“Tapi, saat berlomba, naluri kompetisi sebagai olahragawan kerap muncul dan menggoda untuk memacu mobil lebih cepat. Jika secara teknis ada peluang untuk mencetak prestasi lebih tinggi, kenapa tidak. Harus diperjuangkan. Sementara, itu yang akan kami lakukan di sini. Tak memaksakan diri pol-polan di SS awal, dan selanjutnya baru lihat situasi dan atur strategi baru,” ujar Subhan di Athena (31/5). (otosport.co.id)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa