Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Subhan Aksa Melorot ke Urutan 13 di Leg 2 WRC Portugal

Bagja - Minggu, 14 April 2013 | 12:08 WIB
No caption
No credit
No caption


Dari urutan 10 pada Special Stage (SS) 4, posisi Subhan Aksa naik drastis ke posisi 7 kelas WRC di Rally de Portugal seusai SS 5 hari pertama. Ia sukses melakoni SS 5 sebagai finisher ke-7 dan merupakan hasil terbaiknya dalam 5 SS.

Sayang, masuk di SS6 pada Sabtu (13/4) di daerah Santana de Serra sejauh 31,12 km, satu-satunya pereli Asia Tenggara di kancah FIA 2013 World Rally Championship itu mengalami kecelakaan jelang garis finish. Persisnya jelang pos 6. Padahal, ia sudah lewati lima pos sebelumnya di SS itu dengan catatan impresif.

Melalui radio, Subhan melaporkan insiden itu berawal kesalahan komunikasi dengan Nicola Arena sebagai navigator. Di sebuah tikungan tajam, navigator asal Italia itu terlambat memberi petunjuk. Hanya dalam hitungan detik, Ford Fiesta RRC yang dikemudikan Subhan tergelincir dan terpuruk ke luar lintasan.

Posisinya terjebak dan tidak mampu keluar sendiri sehingga harus diderek setelah seluruh peserta melewati SS tersebut. Akibatnya, ia kena hukuman 5 menit dan urutannya pun melorot kembali  ke posisi 13 secara keseluruhan.

Sesuai ketentuan lomba, Subhan tak bisa meneruskan lomba ke SS7, 8, 9, 10 dan 11 yang berlangsung sepanjang Sabtu (13/4). Namun ia masih bisa mengikuti empat SS terakhir pada Minggu (14/4) dengan catatan terkena penalti lima menit di setiap SS yang gagal ia ikuti sebelumnya.

Hasil akhir di SS6, misalnya, Subhan sudah tertinggal 8 menit 46,2 detik dari pemimpin WRC2 padahal sebelumnya hanya tertinggal 3:46,2. Itu belum termasuk masing-masing penalti di lima SS lainnya yang akan disusulkan.

“Terjadinya justru saat mulai lebih mengenal karakter mobil. Mulai memahami dan menikmati performanya meskipun sesekali masih ada kagoknya dengan tuas persneling dan rem tangan yang berada di sisi kanan. Pasti ada perasaan kecewa, tapi itu bukanlah hal yang perlu dimasalahkan. Ini kejadian biasa dalam reli. Cuma ya kehilangan waktu sangat banyak,” tandas Ubang sapaan akrabnya.

Arena pun mengaku kecewa dengan insiden di SS6, tapi ia yakin itu akan jadi pengalaman berharganya bersama Subhan. Khususnya menyelesaikan 4 SS di hari terakhir agar bisa lebih fokus.

Subhan menyadari akan sangat berat mengoreksi posisi dalam 4 SS terakhir, apalagi lawannya adalah para pereli top Eropa. Karena itu ia akan jadikan 4 SS itu sepenuhnya sebagai ajang pembelajaran. Ia akan tampil lebih lepas tanpa harus perhitungkan posisi dan poin, terpenting belajar. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa