Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kisruh Slalom Seri 1, Tim Entrance Belum Ngerti dan COC Tak Tegas

billy - Minggu, 7 April 2013 | 07:14 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Kejurnas seri pembuka di Lampung, Sabtu (23/3) lalu berakhir dengan pemboikotan dari beberapa tim. Dalam gelaran bertajuk Djarum Super Mild City Slalom itu, beberapa peserta tak mengambil hadiah maupun piala sebagai bentuk protes. PP IMI pun menindaklanjuti dengan mengundang pihak yang bersengketa untuk mengetahui duduk permasalahannya. Lantas apa yang terjadi?

MISKOM
Beberapa pihak pun datang. Seperti dari tim Jangkar Miring, Team Toyota Indonesia, HRVRT dan lainnnya. Dari pihak PP IMI dihadiri Kepala Biro Olahraga Mobil, Nicky Tjonnadi, serta Kepala Biro Teknik Mobil, Taqwa Suryo Swasono, serta Komisi Slalom, Anondo Eko. Beberapa peslalom senior pun datang, seperti James Sanger dan Agus Djohansyah.

Kenapa dilakukan pemboikotan dengan tak mengambil piala? Hal ini tentunya menjadi pertanyaan utama. Apung, perwakilan tim Jangkar Miring menjelaskan. "Sebenarnya, kami tidak naik podium, karena menunggu jawaban dari COC (clerk of committee, Pimpinan Perlombaan, Vitto Siagian, red)," jelas ayah peslalom muda Bernard Yuwono ini.


Pihaknya menunggu jawaban COC apakah salah satu peserta dari timnya didiskualifikasi atau tidak. Lantaran tunggangannya kedapatan underweight alias kurang dari bobot yang ditentukan. Namun, setelah ditunggu, tidak diputuskan kena diskualifikasi dan berhak naik podium. "Tetapi, kami tidak mendapat jawaban keputusan itu," ungkapnya.

Sementara, soal lainnya yaitu protes tim Jangkar Miring terhadap TTI yang ‘tidak ditanggapi' tim scrutineer menjadi isu yang kuat. Belakangan diperoleh keterangan kalau protes mereka dianggap steward sudah lewat waktu dan tak bisa diteruskan. Pasalnya, tim Entrance (yang berhak protes) dari Jangkar Miring tak langsung melakukan protes. Makin kusut, karena setelah beberapa lama, barulah COC ‘memaksa' memeriksa mobil TTI seperti diminta tim Jangkar Miring. Tetapi kemudian tak ditanggapi karena memang tak ada protes resmi dan sudah lewat waktu protes.

Nah, dari kejadian itu akhirnya didapat kesimpulan kalau prosedur protes oleh tim Entrance masih belum dilakukan dengan tepat, juga masih belum mengerti jalur protes yang seharusnya. Di lain pihak, COC juga tidak tegas, seharusnya mampu menentukan bahwa protes tetap dilakukan pada waktu yang sudah ditentukan. "Ke depannya, protes secara tertulis lebih baik dilakukan oleh entrance dari pihak yang protes," usul Usman Adie dari TTI.

Usman sendiri sudah siap menanti kalau-kalau saat itu pihaknya diprotes. "Lagian saya menunggu kalau mau diprotes, biar bisa dijelaskan," ujar Usman yang menampik pihaknya disangka melakukan kecurangan pada lengan ayun belakang Toyota Yaris TTI.

Tampak jelas, kekisruhan ini hanya berawal dari miskomunikasi saja. Itu yang disepakati tiap pihak yang hadir dalam acara hearing dari PP IMI tersebut. Seri berikutnya tentu pantang terulang. "Menang atau kalah soal biasa, yang penting sportivitas," jelas Apung yang diamini semua pihak yang hadir. Akur Om!. (otosport.co.id) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa