Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Skydrive Modif Thai, Lebar Bukan Halangan

billy - Rabu, 9 Maret 2011 | 15:18 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Virus atau tren Thai Look (TL) memang sangat fenomenal. Belaka­ngan, hampir semua merek dan tipe skubek coba adaptasi gaya ini. Tak perduli desain bodi cocok atau tidak, yang penting tampil ala anak muda Thailand.  

Misalnya saja Suzuki Skydrive ini. Skubek ini kepunyaan Bose. Untuk seluruh proses ubahan yang diidamkannya, Bose membawa motor ini pada seorang modifikator yang memang paham aliran TL tadi. Tepatnya bengkel Billy Speed (BS) di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Meskipun secara bodi tergolong gambot bin lebar, tapi tetap dipaksakan untuk tampil seperti virus yang berkembang tadi itu. "Awalnya enggak nyangka bisa pas juga, tapi dengan pemilihan variasi yang pas hasil akhirnya cocok juga," kata Arief Billy sang modifikator.

No caption
No credit
No caption

Sebagai langkah awal tentu saja ada pergantian pada lingkar roda. "Memang ciri khas dari TL adalah pada pelek, pakai pelek yang tidak lebar serta ring 17 inci," lanjut pria berkacamata ini.

Jika belum melakukan hal seperti ini rasanya belum layak dianggap menganut aliran TL. "Kebetulan sekarang memang banyak pelek variasi penunjang modifikasi seperti ini," tambah Billy lagi.

Dengan banyaknya pilihan tadi, tentu saja tidak bisa asal ketika mau ganti pelek. Ada beberapa tips coba diberikan Billy kepada pembaca MOTOR Plus.

"Pertama, karena pelek sekarang warna-warni, silakan pilih yang kelirnya mendukung tema," ungkap modifikator yang memang ahli dalam membuat motor untuk kelas fashion seperti. Hal itu terbukti dari beberapa kali ikut contezt dan selalu menjadi yang terbaik di kelas fashion.


Misalnya saja di skubek 125 cc ini karena bodi ingin diairbrush dominan merah maka pelek juga dipilih yang memiliki kelir sama. Setelah kelar urusan warna pelek, berikutnya lanjut pada pemilihan ukuran.

"Maksimal lebarnya 1,4 inci saja, sedang diameternya wajib 17 inci," cerita pria bertubuh kecil ini lagi. Selain itu pelek yang lagi up to date adalah yang mempunyai coakan seperti merek Rizoma ini. Untuk motor ini ukurannya sama antara depan dan belakang.

Biar terlihat lebih sip lagi, kaliper juga jarus diganti lebih besar. "Misalnya saja sekarang pakai kaliper 4 piston, itu ada maksudnya lho," kata pria yang buka bengkel di Jl. Taruna Jaya No. 2, Kemayoran, Jakarta Pusat ini.

Hal itu karena TL identik gaya drag. Makanya pengereman juga mesti mumpuni. “Walau gak dipakai drag atau balap, tapi variasi yang dipakai harus berkesan drag,” mantap Billy.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa