Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor Stater Mio Untuk Matik Suzuki

billy - Kamis, 20 Oktober 2011 | 08:36 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bikin Dudukan dari pelat
Sekarang, banyak sekali matik Suzuki seperti Spin, Skywave dan Skydrive yang dibore up atau stroke up. Sehingga dinamo starter tidak bisa memutar mesin. Kalaupun diengkol, kaki akan berakibat terkilir.

Namun sialnya lagi, kalau mau beli dinamo starter belum ada yang menjualnya. Maklum variasi atau komponen racing untuk skubek Suzuki belum banyak tersedia. Apalagi dinamo starter, banyak yang mengira enggak mungkin diperlukan karena matik Suzuki enggak bisa dibore up lebih dari 200 cc. Padahal tanpa paking atau standaran saja bisa sampai 220cc.

Seperti dilakukan Zaenudin alias Bang Jay dari Eka Jaya Motor. Dia bore up Skywave milik konsumennya sampai di atas 200cc tanpa paking. Namun akibatnya dinamo starter standar tidak bisa dipakai lagi.

Begitu Bang Jay cari di pasaran, tidak tersedia dinamo starter racing atau bore up. Akhirnya coba pakai milik Yamaha Mio. Skubek Yamaha ini banyak menyediakan dinamo starter sampai kelas FFA.


Posisi menghadap magnet dibalik
Namun untuk aplikasi dari milik Mio ada dua yang mesti diperhatikan. Pertama, bikin dudukan menggunakan pelat yang tebalnya bisa 3 sampai 5mm. Karena dudukan baut antara dinamo starter Mio dan skubek Suzuki beda. Dudukan atau braket bisa dibuat di tukang bubut. Lihat gambar atas.

Masih menurut Bang Jay, satu lagi yang mesti diperhatikan. Posisi dinamo starter Mio asalnya berada menghadap ke kiri. Untuk memutar mesin ke kiri juga. Ketika dipasang di skubek Suzuki akan terkendala karena putarannya terbalik.

Begitu dipasang di skubek Suzuki, dinamo starter Mio jadi menghadap ke kanan. Ini yang bikin terbalik. Untuk itu putarannya dibalik. Caranya posisi magnet tinggal dibalik. Asalnya kiri jadi kanan. Lebih jelas lihat gambar 2 ya. Konsultasi pemasangan lebih detail, Bang Jay bisa diajak konsultasi di (021) 557-03-814.  (www.motorplus-online.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa