Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ring Piston Bisa Direkondisi

Billy - Rabu, 12 Oktober 2011 | 17:14 WIB
Ring Piston Bisa Direkondisi
Ring Piston Bisa Direkondisi

Ring Piston Bisa Direkondisi
Ring Piston Bisa Direkondisi
Otomotifnet.com - Kalau sudah lemah, ring piston tidak mengembang penuh. Alhasil, kompresi nggak maksimal lantaran ring tidak bisa menahan tekanan ruang bakar.
 
Dalam kondisi ini tidak dipungkiri, mekanik atau orang awam coba-coba akali ring yang sudah lemah. Caranya dengan menarik kedua ujung ring ke arah luar agar dapat mengembang kembali.

Yang jadi masalah apa cara ini dibenarkan? Sebab kalau dipikir, mengembangkan ring secara manual ada benarnya. Logika awam, ring piston lemah dan menciut mungkin bisa dikembangkan dengan cara ditarik keluar.

 
"Cuma, apakah struktur materialnya masih bisa tahan. Apalagi ring piston sering berhubungan dengan panas,” ujar Susanto, kepala instruktur sekolah Institute Mekanik Motor Indonesia (IMMI) Jogja.

Saran Susanto, agar performa kembali seperti semula, mending ring piston lemah diganti dengan baru. Sebab selain struktur material dan durabilitynya masih kuat, kondisi ring standar dipercaya dapat menopang kompresi di ruang bakar. Sebaliknya bila direkondisi.

 
Meskipun bisa seperti semula, namun belum tentu daya tahannya terjamin. Yang ada, enggak lama lagi mesin minta dibongkar ulang untuk ganti ring piston.
 
Risiko besar kalau nekat atau sengaja merenggangkan ring piston sudah lemah. “Kalau terlalu besar tarikannya, dikhawatirkan bagian luar lingkar ring akan membuat baret atau cepat mengikis dinding liner,” ingat pria tugas di Jl. Prowirotaman II, MG3, No. 711, Jogja.

Jadi, cara yang paling aman, ya ganti ring piston kalau memang sudah lemah. 

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa