Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rawat Transmisi Suzuki Smash Titan, Jangan Telat Ganti Oli

billy - Senin, 16 Mei 2011 | 10:41 WIB
No caption
No credit
No caption


 Pentingnya Oli buat kinerja transmisi
Transmisi Suzuki Smash Titan 115 andalkan gigi rasio yang tersusun sesuai jumlah persneling di dalam girboks. Materialnya tergolong paling kuat, lantaran untuk transfer tenaga mesin hasil pembakaran guna mendongkrak beban motor dan pengendaranya.

Meski didukung material paling kuat, bukan berarti transmisi enggak perlu dirawat. Sebab kalau tidak dilakukan, gigi rasio yang kerap bersinggungan pun bisa rusak juga.

“Untuk perawatan transmisi Smash Titan 115, paling penting menjaga kondisi pelumas mesin agar tetap prima. Jika kualitas jelek atau volume kurang, bagian yang bersinggungan cepat terkikis terutama gigi rasio, as dan lahernya.,” terang Moch. Faisal Hargono (Hargo), kepala instruktur sekolah mekanik HMTC Bandung.

Selain rajin ganti oli, penggunaan tuas persneling yang tepat juga termasuk salah satu syarat pengguna motor lakukan perawatan transmisi. Jika digunakan tidak semestinya, biasanya mata gigi rawan slek hingga bisa menyebabkan patah.

“Biasanya yang sering rusak rasio gigi 1. Itu karena banyak pengguna motor terlalu maksa ketika proses pindah gigi awal dan buka gas secara mendadak. Jika dibiasakan terulang, maka jangan heran kalau motor tiba-tiba berhenti mendadak,” imbuh Hargo dari Jl. Cibaduyut Raya, Gg, Siti Mardiyah, No. 6, Bandung.

Proses selanjutnya, pada saat turun mesin yang melibatkan pembongkaran di ruang bak mesin, saran Hargo untuk biasakan mengecek kondisi keselurahan komponen itu. Utamanya melihat keausan dan kecacatan mata gir rasio, as gir rasio serta bantalan dudukan as gir yang juga terpasang di crank-case.

“Baiknya kalau ada gir, as atau leher yang sudah aus segera diganti. Sebab proses ini termasuk jarang dilakukan,” ingat Hargo yang bisa dihubungi di nomor (022) 5403152.  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa