Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Warna Per Sokbreker Bisa Pakai Stiker Khusus Loh

billy - Jumat, 8 April 2011 | 07:21 WIB
Ganti Warna Per Sokbreker Bisa Pakai Stiker Khusus Loh
Ganti Warna Per Sokbreker Bisa Pakai Stiker Khusus Loh

Tampilan sokbreker standar kebabanyakan menawarkan kelir ulir gelap atau hitam. Jadi kusam dilihatnya. Nah, bagi yang mau ganti warna tidak perlu pakai cat segala. Bisa kok dipasang stiker. Tekniknya mudah dan murah.

Lebih mudah karena sok tidak perlu dibuka. “Harganya murah, karena hanya beli stiker juga lebih cepat prosesnya. Apalagi harga atau ongkos pasangnya jauh lebih murah. Paling mahal kena patok harga cuma Rp 30 ribuan untuk satu motor,” ujar Boedhy Soesanto, graphic designer dari Champ Stiker.

Cuma untuk melakukannya memang tidak bisa sembarang orang. Kata Boedhy, orang itu harus punya keahlian, ketelitian dan kesabaran jika ingin hasilnya rapi dan tidak melintir ke mana-mana. Apalagi pegas sokbreker bentuknya melingkar sesuai konstruksi. Di mana ada bagian ulir yang celahnya makin menyempit.

Selain harus punya skill, stiker yang biasa dipakai untuk mewarnai pegas sok materialnya juga termasuk kategori khusus. Bahan dasarnya tidak sama atau seperti stiker yang dipakai untuk melapisi cover atau tangki motor pada umumnya.

“Pastinya harus fleksibel juga lembut kalau dipegang. Sehingga dapat menggapai bagian sulit ataupun yang melengkung. Biasanya pakai merek Scotchlite, bukan 3M atau lainnya yang lebih kaku dan perlu alat pemanas untuk membentuknya,” imbuh pria yang buka ruko di Jl. Basuki Rahmat 7, Cipinang Muara, Jakarta Timur.

Kalau memang mau ganti warna per sokbreker, berikut ini prosesnya. Pertama yang pasti harus copot dulu sokbreker dari motor. “Lalu cuci hingga bersih agar tidak ada debu yang jadi penyebab permukaan timbul atau sulit dipasangi stiker,” sebut pria yang sudah lama main stiker ini.

Mencucinya bisa menggunakan air sabun. Agar kotoran dan minyak yang menempel juga gampang terbuang. “Sebab, kalau masih ada minyak di bagian yang akan dilengketi stiker, pastinya akan tetap mudah lepas,” jelasnya.

Sambil menunggu sokbreker kering, potong stiker dengan ukuran panjang bebas. Namun yang perlu diperhatikan lebarnya, cukup seukuran atau sesuai diameter ulir per sokbreker. Tinggal pasang stiker, kata Boedhy, rekatkan sesuai bentuknya sambil dipelintir dan ditekuk. Stiker hanya menempel di ulir per bagian luar. Bagian dalam per pastinya tidak dibungkus stiker.

“Biar gampang, tabung sok tetap dipasang untuk dijadikan pegangan ketika proses perekatan,” kata Boedhy yang bisa di kontak di (021) 8512005.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa