Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Warna dan Pelindung Piston Mesin 4-Tak Lebih Kinclong

billy - Senin, 3 Oktober 2011 | 07:26 WIB
No caption
No credit
No caption


 Beragam warna dan finishing di piston
Jika dilihat lebih teliti, sebenarnya setiap piston memiliki warna berbeda. Terutama, piston untuk motor tipe 2-tak dan 4-tak. Piston engine dua langkah, lebih dikenal dengan sebutan HC9A atau HC9B. Sedang bagi mesin empat langkah, yaitu HC8A atau HC8B.

 “Piston 2-tak cenderung gelap. Ini disebabkan kandungan silikon lebih banyak,” ujar Junus Budi, R&D Section Head PT Federal Izumi Manufacturing (FIM). Tujuan lebih banyak silikon, agar lebih tahan gores dan tahan gesek. Itu karena prinsip kerja 2-tak dan 4-tak beda.

Ketika piston sudah melalui proses machining atau penghalusan, dilakukan juga berbagai proses finishing. Beragam maksud diperuntukan. Setidaknya, tergantung kebutuhan piston.

"Untuk piston 2-tak, dilakukan proses plating. Tujuannya, untuk pelumasan lebih antara piston dan linner,” ungkap Agus Salim, Sales RE Dept. Head PT FIM. Maka ketika jadi, warna piston yang dihasilkan cenderung putih. Tapi sejatinya, itu karena proses plating yang dilakukan. Plating ini dilakukan dengan melapisi piston setebal 0,5 hingga 3 mikron.

Piston 4-tak, juga dilakukan pengerasan. Tersedia dua pilihan. Bisa pakai lapisan teflon atau molibdenum dan anodize. “Hard anodize dilakukan di permukaan atas piston. Terutama di ring piston I agar terhindar dari macet. Ketebalan bisa hingga 20 mikron,” timpal Junus.

Sedang molibdenum, pada sisi samping atau dinding piston dilapisi semacam teflon. Ketebalan tergantung kebutuhan. Mulai 3 hingga 12 mikron. Juga sebagai pelumasan sehingga diharapkan bisa meminimkan gesekan.

Lapisan macam gini dipakai juga di  piston FIM untuk balap. Makanya memiliki warna rada abu-abu dan doff.   (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa