Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Membangun Rollbar, Buat yang Aman!

billy - Kamis, 20 September 2012 | 09:18 WIB
No caption
No credit
No caption


Rollbar berfungsi untuk melindungi pembalap yang berada di dalam mobil ketika terjadi benturan atau terbalik. Pipa besi ini bisa menahan atap mobil agar tidak langsung remuk.“Tujuan utamanya mengamankan si pembalap yang berada di dalam kabin mobil,”ujar Yanto.

Namun jika rollbar tidak dibuat berdasarkan standar keselamatan balap, maka yang terjadi bisa sebaliknya. “Malah bisa membahayakan si pembalap,” tukasnya. Yang pasti, tidak akan lulus scrutinering! Bagaimana sih rollbar yang bagus dan sesuai standar safety itu?

“Pertama, bahannya harus dari besi seamless 40, kemudian ukuran as tengahnya 48 mm dengan ketebalan 2,5 mm, poros kanan kiri dan belakang 42 mm, tebalnya sama,” jelasnya panjang lebar. Kemudian pengelasannya harus menggunakan CO atau argon. “Lebih kuat dan lebih rapi,” tambahnya.

Untuk standar balap turing, bia­sanya kaki-kaki rollbarnya dipasang di 6 titik pada dek mobil. “Tatakan platnya pakai yang 3-4 mm, lebar standarnya biasanya 14 cm, baut pakai yang bahan baja,” bilang Yanto. Biasanya dengan spek seperti ini sudah teruji aman oleh langganan Yanto.

Nah, nggak bingung lagi kan?. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa