Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All About Ford Everest, Seputar Kelistrikan

billy - Minggu, 16 September 2012 | 11:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Pada Everest, sistem kelistrikan termasuk sangat jarang terkena masalah. Pun begitu pada varian baru yang telah memakai teknologi canggih injeksi langsung. Apalagi pada generasi lawas yang memang belum terlalu banyak memakai perangkat kelistrikkan.

Hanya saja, untuk yang sering memakai Everest di jalan berdebu dan off-road, jangan lupa perhatikan soket kelistrikkan di ruang mesin. Biasanya, setelah terkena lumpur dan air kotor, kotoran bakal ngumpet di soket. Untuk membersihkan tinggal semprot contact cleaner yang banyak di toko aftermarket. Tujuannya untuk menjaga arus listrik tetap mengalir sempurna tanpa hambatan.

Sempat terdengar ada power window yang seret dan ngadat, tapi setelah ditelusuri ternyata akibat karet kaca yang sudah terlalu kotor. Apalagi untuk yang sering dipakai di medan berat dan kotor. Kotoran yang menumpuk di karet bikin proses baik turun kaca jadi terhambat. Solusinya mudah dan gampang, tinggal semprotkan silicone spray di sepanjang karet chanel. Lalu, coba kembali buka dan tutup kaca.

CROSS JOINT

No caption
No credit
No caption

Everest yang berpenggerak roda belakang dilengkapi cross joint sebagai penghubung antara transmisi, kopel dan gardan. Peranti ini memutar as kopel dan final gear sehingga memiliki tugas berat.

“Pelumas kering pada cross joint jadi sumber utama kerusakan karena bearing menjadi aus,” jelas Andre Dumais, direktur operasi Ford Jakarta Timur dan Bekasi. Harga cross joint mulai dari Rp 361-567 ribu karena Ford Everest punya 4 macam cross joint (C1B, 515USA, SPR539 dan SPR529).

LAHER RODA


Layaknya SUV tangguh berbadan bongsor, Ford Everest harus memiliki kaki-kaki yang tahan banting pula. Perhatikan dengan seksama laher roda yang menjadi tumpuan roda dan bodi selama berjalan.

Bila kondisi sudah memprihatinkan sebaiknya langsung ganti dengan yang baru agar siap digeber kembali. Harga wheel bearing dipatok Rp 720 ribu per buah belum termasuk ongkos pasang. “Kalau sepasang berarti Rp 1,44 juta,” jelas Rohim, staf spare parts Ford Jakarta Timur.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa