Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Pasang Engine Hood Damper

billy - Jumat, 29 Juni 2012 | 07:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Selain sosialisasi, keberadaan komunitas salah satunya untuk bertukar pikiran seputar teknikal mobil. Apalagi jika didasari kesamaan hobi. Seperti antusias yang ditunjukkan oleh klub Honda Civic Lover (HCL) Riau yang berbasis di kota Pekanbaru.

 Hampir sebagian besar anggotanya menyukai ubahan di sumber tenaga. Selain oprekan pendongkrak tenaga, sisi fashion alias tampilan tidak dilupakan. Yang menarik perhatian OTOMOTIF yakni aplikasi engine hood damper yang berfungsi menyangga kap mesin ketika dibuka (Gbr.1).

No caption
No credit
No caption

Jika standarnya hanya ditopang oleh sebuah tuas besi biasa, kini para anggota HCL telah mengaplikasi versi aftermarket-nya.  Sewaktu kap mesin terbuka pun, tidak perlu lagi mengganjal dengan tuas besi. Biarkan sepasang pegas yang ditempatkan di sisi kiri dan kanan kap yang bekerja, layaknya mobil Eropa (Gbr.2).

"Ini model slim, sudah bolt-on tinggal pasang saja dan pakai dudukan standarnya," jelas Kenzo, salah satu sesepuh aktif HCL. Pemilik Civic Estilo lansiran 1996 ini juga meyakinkan bahwa peranti baru ini tak memerlukan ubahan khusus. "Tinggal pakai dudukan baut yang ada di pinggir ruang mesin, sudah ada kok dudukannya, jadi enggak perlu ngebor lagi," ujar Sangkot Lubis, anggota aktif pembesut Civic Ferio CBU.


Langkah awal yakni membuka baut di dudukan lubang yang akan dijadikan tempat berpijak tuas engine hood damper (Gbr.3).  Lakukan juga metode ini di tempat yang sama yang ada di kap mesin. Saat ini yang beredar di pasaran produk labelan Jasma dan Nippon Racing.

Peruntukkan khusus Honda Civic lawas seperti Genio, Estilo dan Ferio. Banderolnya, untuk Estilo atau Genio sekitar Rp 850 ribu sepasang. Sedangkan untuk Ferio Rp 1 juta per set. "Anak klub dapat diskon Rp 100 ribu," sahut Kenzo yang juga menjajakan perangkat ini.

Boleh juga nih. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa