Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Koneksi iPod, Tak Semua Peranti Dapat Terkoneksi

billy - Selasa, 6 Maret 2012 | 08:01 WIB
No caption
No credit
No caption

Keunggulan monitor head unit dari versi single CD, adalah salah satunya kemampuan men-support beragam gadget terbaru. Mulai MP3 player, iPod, iPad termasuk beragam smartphone yang kini banyak beredar di pasaran umum.

Namun ternyata, tidak semua peranti gadget terkini dapat terkoneksi dengan monitor dobel DIN, yang umumnya sudah dibekali teknologi touch screen itu. Seperti pengalaman kami ketika menjajal driver multimedia versi OEM, di salah satu varian SUV diesel beberapa waktu lalu di Bandung, Jabar.

Menu iPod yang tersedia pada tampilan menu utamanya tak dapat berfungsi sama sekali, meski kabel konektor yang sudah tersedia di dasbor SUV diesel tersebut sudah disambungkan ke iPod touch yang kami bawa.

Menurut Candra, pemain car audio di kota Bandung, Jabar, problem menu iPod tak dapat terespon dengan baik pada monitor, sebenarnya bisa dihindari dengan memahami lebih detil spesifikasi serta fitur standarnya.

Hal ini pun diamini Ahong dari Prisma Autosound di arteri Pondok Indah, Jaksel, yang mengatakan bahwa tak semua monitor dobel DIN dapat terhubung dengan beragam varian gadget seperti pada beberapa varian iPod misalnya.

"Kalau mau aman, sebelum memasang harus mencoba memainkan bareng dengan beberapa gadget. Mulai dari iPod Nano, iPod Classic, iPod Touch termasuk iPhone. Sebab enggak semua monitor dobel DIN bisa terkoneksi dengan gadget dari Apple itu, karena punya perbedaan software yang membuat masing-masing device tak dapat terkoneksi," beber Ahong.

Memang tampilan menu iPod yang terdapat pada menu utama, ditandai dengan simbol yang sama. Begitu pun dengan soket konektor iPod-nya, yang desainnya dibikin sama oleh pabrikan Apple.

Untuk itu, kenali fitur pada monitornya terlebih dulu, kemudian bawa peranti gadget yang sesuai dengan kapasitas yang dimiliki driver multimedia di mobil Anda.

Maksudnya, biar enggak tertipu dengan fitur-fitur yang tertera pada monitor head unit aftermarket maupun yang dipromokan di mobil-mobil baru. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa