Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Memilih WArna Mobil yang Tahan Cuaca Terik

billy - Kamis, 7 Juli 2011 | 09:03 WIB
No caption
No credit
No caption


JAKARTA - Memilik kendaraan di daerah yang berpotensi suhu tinggi sebenarnya butuh sejumlah ‘syarat’ biar kita tetap nyaman saat mengemudikannya. Ternyata selain warna eksterior, warna kabin juga berpengaruh atas potensi serapan panas. Judy Heading yang mengasuh situs About.com mempunyai konklusi mudah bagi konsumen di daerah kaya sinar mentari yang hendak membeli mobil.

Pertama, mobil dengan cat eksterior sebenarnya akan membuat kondisi suhu kabin ‘panas’ saat di bawah terik mentari. Sejalan ini pula, kabin yang berwarna dominan gelap juga berpotensi serupa. Warna yang cerah diyakini wanita yang tinggal di kawasan Arizona Amerika Serikat ini punya kemampuan untuk menahan terpaan suhu panas.

Ketiga, menurut Judy yang pengamat masalah sosial di Arizona sejak tahun 1979 itu menyebut juga soal pelapis kabin berbahan kulit asli. Bahan yang satu ini menurutnya patut di hindari jika Anda tinggal di kawasan yang sinar mentarinya berlimpah.

Biar begitu, jika Anda berkendara di bawah terik mentari biasakan untuk melakukan sedikit ‘relaksasi’ bagi kabin. Coba untuk menyempatkan membuka sedikit saja kaca mobil selama beberapa detik ketika suhu udara tinggi. Ini akan banyak membantu menurunkan suhu dalam kabin meski sudah ada lapisan kaca film.

Silakan mencoba.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa