Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Spesialis Kelistrikan, Bila Terjadi Hubungan Singkat

billy - Sabtu, 9 Februari 2013 | 09:13 WIB
No caption
No credit
No caption


Kelistrikan pada sebuah mobil terdiri dari sistem pada mesin dan bodi (penerangan). Kelistrikan bodi sendiri merupakan instalasi dari berbagai rangkaian penerangan pada kendaraan seperti sistem lampu utama, lampu tanda belok, lampu hazzard, lampu pelat nomor, lampu rem, dan lampu mundur. Komponen pendukung siestem kelistrikan bodi antara lain baterai, kunci kontak, sakelar, sekring, flasher dan kabel-kabel.

“Fungsinya sebagai penerangan atau memberi isyarat pada pengendara lain saat berbelok atau berhenti sehingga aman dari kecelakaan,” jelas Yono, ahli kelistrikan bodi dari bengkel Mapan Sentosa di Jl. Nakula III/02, Mapagan, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Ia mengatakan masalah kelistrikan bodi itu gampang-gampang susah, perlu ketelitian dan kecermatan.

Masih menurutnya, gangguan yang umum terjadi lantaran hubungan singkat, nilai tahanan membesar dan komponennya sendiri. “Agar kembali normal perlu dideteksi dimana gangguan itu terjadi dan apa penyebabnya,”sambung Pak Yono dengan nomor kontak 0815-75338727. ”Untuk biaya tergantung jenis mobil dan tingkat kerumitan dengan kisaran Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu,” tutupnya. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa