Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kreasi Anak Sekolah/Kampus, Becak Motor

billy - Selasa, 31 Juli 2012 | 11:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Karya yang ditampilkan oleh siswa-siswi SMK 1 Semarang, meskipun berupa mobil rakitan, namun patut diberikan apresiasi. Menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.600 cc, dengan transmisi 5 percepatan yang didatangkan dari Cina berikut body part-nya. Para siswa-siswi, sanggup merangkai mobil yang dinamakan Turangga ini, hanya dalam waktu 8 hari.

Ariki Deni Saputra, siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan, SMK 1 Semarang menuturkan, bahwa pikap yang dapat mengangkut bobot hingga 2 ton ini, nantinya akan dikomersilkan.

Becak Motor

Prinsip kerja kendaraan ini sama dengan becak, namun dibuat bermesin papar salah satu pembuatnya, Monelis Widyatama, mahasiswa teknik mesin UNNES. Bermodalkan mesin motor becak 110 cc, becak ini menghabiskan 48 m pipa ERW 48 mm. Mampu mengangkat beban hingga 250 kg. Sistem transmisi sama layaknya motor bebek manual. Tambah lengkap lantaran diaplikasikan gigi mundur. Untuk sistem pengereman sudah pakai cakram.

Uniknya, untuk mengemudikan becak motor ini menggunakan setir layaknya mobil. Saat mengetes becak, manuver roda dirasakan sangat lincah dan dapat berputar ekstrim layaknya bajaj. Pedal gas dan rem yang berada di bawah, pada awalnya membuat 'kagok' namun setelah memahami karakternya, aplikasi pedal gas dan rem dirasakan memudahkan. "Becak ini dijual untuk umum lho, yang berminat harganya sekitar Rp 20 juta", ujar Ihksan Hakim selaku salah satu dosen pembimbing. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa