Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

FIM Revisi Regulasi MotoGP 2014, Pabrikan Boleh Diperkuat 4 Pembalap!

Bagja - Sabtu, 27 Juli 2013 | 13:34 WIB
No caption
No credit
No caption


Penerapan regulasi 2 pembalap di tim pabrikan MotoGP pada tahun 2012, akhirnya kembali direvisi oleh otoritas terkait. Diantaranya adalah FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) selaku badan tertinggi balap motor dunia, Dorna Sports (Penyelenggara MotoGP), IRTA (International Road Racing Teams Association) dan MSMA (Motor Sport Manufacture Association) untuk MotoGP 2014.

Dimana mulai tahun depan, pabrikan bisa memandat tim pabrikan dan tim satelit (manufaktur rangka) sebagai tim utama. Artinya pabrikan dibolehkan memasok 4 motor pabrikan ke 4 pembalap. Misalnya seperti tim Yamaha Factory dan Yamaha Tech3, manufaktur Yamaha dibolehkan memasok spesifikasi motor yang sama kepada 2 tim tersebut (4 pembalap).

Tentunya ini menjadi suatu kabar gembira, mengingat ada beberapa pembalap bertalenta besar seperti Cal Crutchlow dan beberapa lagi yang lainnya, punya talenta besar. Namun kesempatan untuk mencicipi motor pabrikan tidak pernah terjadi, karena terbatasnya kursi pembalap utama pada tim pabrikan.

Setelah adanya perombakan regulasi yang baru untuk musim depan, memungkinkan para pembalap bertalenta besar atau bahkan yang baru naik ke kelas MotoGP, berkesempatan memakai motor spek pabrikan.

Sekarang tinggal tim pabrikan saja yang harus menyiasati kondisi tersebut. Lantaran memasok mesin yang sama kepada 4 pembalap pastinya butuh biaya yang lebih besar juga. Paling tidak harus ada pihak sponsor yang mau bekerja sama dengan tim untuk menjalankan misi mereka.

Berikut rilis lengkap dari FIM tentang regulasi yang baru :
Regulasi tim privatir (pengganti CRT) :

-    Penggunaan ECU MotoGP, termasuk datalogger dan software resmi MotoGP adalah wajib.
-    Kapasitas maksimal bahan bakar adalah 24 liter
-    Maksimal mesin per pembalap, per musim adalah 12 mesin.

Regulasi tim pabrikan dan tim satelit :
-    Semua pabrikan (termasuk manufaktur motor dan manufaktur rangka) bisa memilih untuk menurunkan 4 pembalap dengan status tim pabrikan.
-    Penggunaan ECU dari MotoGP adalah wajib. Pilihannya adalah manufaktur bisa pakai ECU sendiri, tapi pengembangannya dibatasi.
-    Kapasitas maksimal bahan bakar adalah 20 liter.
-    Maksimal mesin per pembalap, per musim adalah 5 mesin. Kecuali tim manufaktur yang baru akan masuk ke MotoGP, seperti halnya Suzuki untuk tahun 2015. Mereka dibolehkan menggunakan hingga 9 mesin per pembalap, per musim.
-    Mesin tidak boleh di desain ulang sepanjang musim kompetisi berlangsung, termasuk bentuk dan dimensi komponen yang ada di dalamnya. Regulasi ini tidak akan diberlakukan bagi tim manufaktur baru di tahun pertamanya berada di MotoGP. (otosport.co.id)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa