Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komisi MotoGP Rilis Regulasi Tes Musim 2014!

Bagja - Jumat, 12 April 2013 | 16:49 WIB
No caption
No credit
No caption


Akhir bulan lalu ada rumor bahwa komisi balap MotoGP akan melakukan perubahan regulasi tahun 2014, mengenai pengujian MotoGP yang sebelumnya hanya membatasi jumlah ban.
 
Usai mengikuti MotoGP Qatar akhir akhir pekan lalu, Komisi MotoGP yaitu Dorna Sports, Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), The International Road Racing Teams Association (IRTA) dan Motorcycle Sports Manufacturers Association (MSMA) bakal membatasi pengetesan pada tim-tim MotoGP khususnya pembalap dengan motor prototipe.

Namun regulasi yang baru ini tidak akan membatasi pengetesan pada tim-tim yang masuk dalam kategori CRT (Claiming Rule Team). Mereka akan diperbolehkan melakukan pengetesan kapan pun dan dimana pun mereka inginkan.

Berikut adalah regulasi barunya :
- Satu kali tes resmi di akhir musim selama 3 hari dialokasikan di Eropa antara balapan seri terakhir hingga 30 November.
-  Tiga kali tes resmi dengan masing-masing berjatah 3 hari pada periode antara 1 Februari dan awal musim balapan 2014.
- Maksimal tiga kali sesi tes, masing-masing satu hari, pada hari Senin setelah ditunjuk oleh Dorna / IRTA di Eropa.
- Tidak ada ijin melakukan pengujian antara 1 Desember dan 31 Januari, kedua tanggal tersebut menjadi inklusif.
- Pembalap yang memiliki kontrak akan diperbolehkan untuk menguji setiap saat, dengan menggunakan "uji alokasi ban" yang tersedia untuk masing-masing tim. Ini juga akan berlaku untuk pembalap di kelas tim CRT, patuh pada persyaratan dari penyelenggara MotoGP yang diberikan oleh Race Direction di awal tes.

Komisi MotoGP juga merilis regulasi pengujian untuk Moto3 dan Moto2 kelas:
- Dilakukan pada setiap sirkuit, antara balapan seri terakhir dan 30 November.
- Tiga tes resmi pra musim tetapi hanya dengan pembalap yang dikontrak, digelar di sirkuit Eropa yang ditentukan oleh Dorna / IRTA.
- Tim juga dapat menunjuk salah satu sirkuit MotoGP dan satu sirkuit non-MotoGP, di mana mereka dapat menguji setiap saat dari 1 Februari dan seterusnya, tapi tidak dalam waktu 14 hari sebelum balapan resmi.
- Tim juga dapat berpartisipasi dalam tes yang diselenggarakan pada hari Senin atau Selasa, setelah balapan di Eropa ketika tidak diperlukan untuk pengujian kelas MotoGP.
- Setiap kegiatan diresmikan oleh Race Direction.
- Tidak ada ijin melakukan pengujian antara 1 Desember dan 31 Januari, kedua tanggal menjadi inklusif. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa