Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Regulasi Baru F1 2014, Penyebab Kembalinya Honda ke F1

Bagja - Sabtu, 18 Mei 2013 | 06:37 WIB
No caption
No credit
No caption


Tidak bisa dipungkiri, bahwa ajang balap Formula 1 adalah ajang yang selalu mengundang ketertarikan tersendiri dari pabrikan mobil dari belahan dunia manapun. Lantaran ajang balap ini menuntut kesempurnaan penciptaan sebuah mesindan paket mobil untuk tampil sebagai yang terbaik.

Tapi jika hal itu tidak lagi menarik dan cenderung menghabiskan banyak uang untuk pengembangan dan tidak bermanfaat, maka manufaktur mobil tidak berhak untuk bertahan di sana. Hal inilah yang dilakukan oleh Honda F1 Racing pada akhir tahun 2008. Dimana mereka keluar dari F1 dengan alasan krisis finansial yang melanda sebagian besar negara-negara Eropa dan Asia.

Beruntung perubahan regulasi yang dirilis oleh FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) sebagai badan tertinggi balap mobil dunia, FOM (Formula One Management), dan para manufaktur, segera diberlakukan. Sehingga Honda punya alasan kuat untuk kembali ke F1 dan mengembangkan mesin terbaru mereka berbasis 1.600 cc dengan konfigurasi V6 Turbocharged.

“Ketika Formula 1 merilis regulasi baru mereka dengan kapasitas mesin yang lebih rendah, ditambah turbocharged dan sistem recovery energy, ini sangat sesuai dengan konsep ramah lingkungan. Hal ini punya dampak langsung kepada pengembangan mobil produk massal ramah lingkungan yang bisa dijual,” ujar Takanobu Ito, Presiden dan CEO Honda.

Ya, semoga dengan regulasi baru ini, semakin banyak tim-tim manufaktur yang kembali ke F1 dan meramaikan kompetisi F1 di tahun-tahun mendatang. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa