Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Senna Iriawan Akhirnya Tes Mobil Formula BMW

Bagja - Sabtu, 24 November 2012 | 05:15 WIB
No caption
No credit
No caption


Pada hari Selasa dan Rabu kemarin (20-21 November 2012), Yasuo Senna Iriawan, pegokart kebanggaan Indonesia yang berada dalam naungan Red White Racing Team, akhirnya melakukan uji coba mobil Formula BMW. Uji coba yang dilakukan oleh Senna ini berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia selama dua hari, dan terdiri dari 4 sesi untuk tiap-tiap harinya.

Pada hari pertama, Senna melakukan uji coba sebanyak 4 sesi, yang masing-masing berlangsung selama satu jam.  Hasil uji coba tersebut berjalan baik, meski sempat mengalami spin di sesi pertama dan sesi kedua. Namun pembalap masa depan Indonesia ini memperlihatkan perkembangan dan adaptasi yang baik seiring dengan berjalannya uji coba.

Catatan waktu lap terbaiknya pun terlihat semakin meningkat, mulai dari 2 menit 40 detik di sesi pertama sampai 2 menit 24 detik pada sesi keempat dan terakhir di hari pertama uji coba. Seusai menyelesaikan uji coba hari pertama, Mark Goddard, driver coach dari Eurasia Motorsport, mengatakan bahwa Senna cepat beradaptasi namun masih perlu peningkatan pada teknik pengereman.

Mark juga mengatakan bahwa Senna memperlihatkan hasil yang cukup bagus walau baru pertama kali mencoba mobil formula. Melanjutkan uji coba ke hari kedua, Senna menyelesaikan sesi pertama dan kedua dengan baik. Peningkatan terlihat  pada performa Senna dengan lap terbaik 2 menit 22 detik. Namun Senna terhenti di sesi ketiga karena kerusakan mesin dan tidak dapat melanjutkan ke sesi keempat.

“Formula BMW dapat mencapai top speed 240 km per jam. Selain perbedaan kecepatan dengan gokart, perbedaan lain adalah bodynya yang besar. Saya masih membiasakan diri dengan jarak pandang ketika berada di dalam mobil, karena sangat berbeda dengan gokart yang terbuka ke segala arah,” papar Senna.

“Selain itu secara fisik, saya harus lebih menguatkan otot bagian tangan untuk persneling serta otot leher karena G Forcenya sangat jauh berbeda dengan gokart,” tambah Senna.

“Secara keseluruhan, kami sangat puas dengan hasil uji coba Senna kali ini. Memang masih banyak yang harus ditingkatkan, terutama teknik pengereman dan adaptasi dengan perpindahan persneling. Selanjutnya kami akan menjadwalkan beberapa kali lagi uji coba bagi Senna sebelum dia memutuskan untuk bertanding di ajang balap formula,” kata Stanley Iriawan, tim manager Red White Racing Team. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa