Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pembalap WSBK Pakai 1 Mesin Saja Mulai 2012?

billy - Kamis, 14 Juli 2011 | 12:06 WIB
No caption
No credit
No caption


Balap motor produksi massal yaitu ajang balap World Superbike Championship (WSBK), kembali akan mengalami perubahan regulasi untuk musim balap 2012 mendatang. Yaitu para pembalapnya hanya akan diperbolehkan menggunakan 1 mesin saja sepanjang 1 musim bergulir. Penekanannya adalah tiap tim harus bisa melakukan perbaikan pada motor jika terjadi kecelakaan pada pembalapnya.

Perubahan regulasi ini sudah mulai berhembus sejak pertemuan para elemen WSBK di GP San Marino (12/6) dan GP Ceko (10/7) beberapa waktu lalu. Tujuan dari penggunaan 1 mesin saja untuk 1 musim adalah untuk menekan biaya balap yang cukup tinggi, sehingga nanti diharapkan tim dan pembalap yang berpartisipasi kembali bertambah.

Namun tentunya regulasi ini tak luput dari kekurangan, contohnya seperti ketika motor terjadi trouble atau kecelakaan parah seperti yang sempat dialami Ruben Xaus. Tim balap harus segera memperbaiki motor tersebut sebelum balapn berlangsung. Memperbaiki motor yang rusak parah seperti yang dialami Xaus dalam waktu singkat bukan pekerjaan mudah.

“Dari data yang kami peroleh, tiap tim bisa menghemat dana sebesar 300.000 Euro (Rp. 3,6 milyar). Sementara bagi tim yang ingin menurunkan 2 pembalap dari 1 pembalap di musim sebelumnya, hanya akan menambah dana sekitar 200.000 Euro (Rp. 2,4 milyar). Bukan hanya itu kami juga akan mengurangi waktu sesi latihan dari 60 menit jadi 45 menit, tujuannya untuk menghemat penggunaan part elektronik,” jelas Paolo Flammini, CEO Infront Motosport (promotor WSBK).

Kabarnya item regulasi seperti sistem elektronik yang dibatasi penggunaannya dan pengurangan waktu sesi tes, akan mulai diujicobakan di WSBK Inggris (31/7) mendatang. “Kami merasa memang ini masih terlalu cepat, karena penyusunan regulasi membutuhkan waktu yang cukup banyak juga. Kami masih akan melakukan pertemuan,” tambah Flammini.

Jadi regulasi ajang WSBK nantinya tidak akan berbeda jauh dengan regulasi kelas Superstock yang juga jadi supporting race di ajang WSBK. Hmm, perubahan ini tentunya penting dilakukan agar, karakter WSBK tidak tertelan oleh ajang balap motor prototipe yaitu MotoGP. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa