Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Naked Bike Yamaha MT 09, Pakai Tiga Silinder!

billy - Senin, 17 Juni 2013 | 12:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Akhirnya misteri mesin 3 silinder Yamaha yang sempat dipamerkan di Intermot Cologne, Jerman nampak wujud aslinya. Ternyata motor pertama yang dijejali dengan mesin ini sport naked Yamaha MT 09 yang berkapasitas mesin 850 cc.

Motor ini bermodalkan mesin tiga silinder yang didalamnya tertanam teknologi dari Yamaha R1 “crossplane crankshaft". Dengan kombinasi gerakan piston ala Yamaha R1 Superbike, akselerasi mesin dari putaran mesin bawah hingga tengah semakin ganas. Mesin ini juga sudah menganut sistem injeksi ditunjang juga dengan transmisi 6 percepatan.

Dengan mesin terbarunya ini, Yamaha mengklaim MT 09 mampu menghasilkan tenaga 113,4 hp pada 10.000 rpm dengan torsi maksimum 87,4 Nm pada 8.500 rpm. Bandingkan dengan Yamaha FZ8 bermesin 779cc empat silinder segaris (kapasitas hampir sama), yang hanya mampu menyemburkan tenaga 104,7 hp pada 10.000 rpm dan torsi maksimal 82 Nm pada 8000 rpm. 

No caption
No credit
No caption


Yamaha MT 09 juga berbobot lebih ringan karena rangkanya terbuat dari CF aluminium die cast, sehingga membuatnya juga kokoh dan mampu menjaga keseimbangan dengan baik.Yang juga menarik, adalah dipasangnya knalpot 3-1 dengan peredam, sehingga menghasilkan suara yang tidak memekakkan telinga.

Di bagian depan, Yamaha MT 09 menggunakan garpu teleskopik dan setang sedikit melebar, sedangkan bagian belakang memakai monosok dengan lengan ayun asimetris. Untuk pengereman, dipasang cakram ganda 298 mm di depan, dan cakram tunggal 245 mm di belakang, juga tersedia pilihan ABS yang akan menambah bobot motor sekitar 3 kg.

Terdapat tiga mode berkendara untuk Yamaha FZ-09 ini, mode A, B dan Standart. Ketiga mode mengendara tersebut memiliki karakter masing-masing, untuk mode A keluaran tenaga lebih terasa di putaran bawah hingga menengah sehingga dapat mengakomodir pengendara yang agresif.



Sedangkan mode B lebih kepada putaran mesin menengah hingga atas atau dapat dikatakan untuk kejar top speed. Dan pilihan terakhir yaitu mode Standart mencakup keseluruhan atau mengakomodasi tenaga kepada seluruh putaran mesin sehingga tarikan mesin terasa merata.

Di Inggris, Yamaha MT 09 dibanderol dengan harga 6799 poundsterling atau sekitar Rp 105 jutaan. Wah, liar desainnya nih! (motorplus-online.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa