Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pembuktian Sentrifugal dan Per CVT High Performance

Editor - Kamis, 5 Agustus 2010 | 08:06 WIB
Pembuktian Sentrifugal dan Per CVT High Performance
Pembuktian Sentrifugal dan Per CVT High Performance

OTOMOTIFNET - Ada polemik, demi me­ningkatkan akse­le­rasi (tanpa bore-up) dan menghilangkan vibrasi saat tarikan awal bisa pakai kampas setrifugal racing dan per CVT yang bekerja pada 1.500 atau 2.000 rpm.

"Kata temenku sih gitu! Be­ner gak sih?” tanya Wendy Lukito, pemilik Honda Vario CBS Techno asal Serang, Banten lewat email.

Nah, mending kita buktikan. Produk yang dipakai berlabel CLD (gbr.1). "Bahan kampasnya mengandung serat sinter yang kemampuan cengkramnya lebih sip. Sehingga bisa meminimkan efek vibrasi dan bikin akselerasi lebih cepat tanpa selip," kata Dodo Zulianto dari Dodo Racing.

Selain itu tapak kampasnya lebih panjang dari standar, sehingga bidang yang digigit lebih banyak (gbr.2). Untuk pemasangan peranti dijual Rp 300 ribu ini di Vario atau CBS Techno bisa langsung plek alias plug and play. "Bisa buat keperluan balap atau harian," tambah Dodo. Termasuk per CVT dengan spesifikasi 1.500 rpm

Sebagai bahan praktik, kami pakai Vario CBS Techno 2009 milik Indra Saputra. Parameter pengujian kami ukur perubahan akselerasi yang dihasilkan pakai Race Logic (gbr.3). Tentu sebagai pembandingnya ada­lah akselerasi standar.

Hasil Pengetesan
Dari laporan tester sahabat Mr. Testo yang berbobot 47 kg dan tinggi 169 cm yang ditugasi sebagai jokinya, saat kondisi motor masih standar, "Bukaan atau akselerasi awal CBS Techno milik Indra ini terasa agak berat. Top speed juga cuma 100 km/jam," ujar tester yang menguji selama beberapa kali run.

Tapi setelah pakai kopling ganda dan per CVT CLD, hasil lumayan mengejutkan. Bila kondisi standar untuk mencapai kecepatan 0-60 km ditempuh dalam waktu 7,0 detik, maka setelah diganti produk CLD, bisa dipangkas jadi 6,3 detik. Sementara untuk menempuh jarak 0 - 201 meter, standarnya butuh waktu 13,8 detik, maka setelah pakai setrifugal dan per CVT, CLD jadi 13,4 detik.

"Entakan awal terasa le­bih ‘nendang' (maksudnya ce­pat). Namun di tarikan te­ngah sampai atas kurang dan agak ‘ngayun' alias lama buat mencapai top speednya. Me­mang sih gejala selip tak terasa sama sekali," lanjutnya.

Makanya ketika pengukuran akselerasi mengambil jarak yang agak panjang, yakni 0-402 meter, terlihat catatan waktunya sedikit lebih lambat waktu pakai sentrifugal dan per CVT aftermarket (lihat Tabel Data Akselerasi).

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa