Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Saling Tukar Komponen Yamaha

Editor - Senin, 19 Juli 2010 | 15:53 WIB
No caption
No credit
No caption

 

OTOMOTIFNET - Salah satu cara mengura­ngi cost produksi, pabrikan menggunakan komponen yang sama untuk beberapa model. Biasa disebut common part. Keuntungan bagi konsumen, saat terdesak perlu satu komponen namun kosong, bisa ambil dari saudaranya.

“Asal bentuk dan fungsi sama tak masalah,” buka Jalaludin, kepala mekanik bengkel Yamaha Pelangi Motor. (YPM) yang Beralamat di Jl. Boulevard Timur Blok NE No.61-62, Kelapa Gading, Jakut. Apa saja? Nih, dia!


Kampas rem depan, hampir semua varian sama
No caption
No credit
No caption

Kampas rem belakang, ada yang punya performa lebih bagus
No caption
No credit
No caption

Filter oli kertas, ingin lebih awet pilih milik Scorpio
No caption
No credit
No caption

Bohlam lampu belakan semua varian sama lo!

Kampas Rem
Terutama untuk rem depan. “Milik New Jupiter Z sama dengan Vega ZR, Jupiter MX, Mio Soul, New Mio Sporty, V-Ixion,” terang mekanik biasa dipanggil Puku itu. Sedang Scorpio sama dengan milik F1Z-R dan Jupiter Z.

Kampas rem belakang? “Semua bebek Yamaha terbaru sama,” lanjutnya. Bebek keluaran lama juga punya kesamaan, antara Crypton, Vega dan F1Z-R.

“Semua skutik kampas rem belakang juga sama, namun jika ingin lebih pakem bisa pakai milik bebek New Vega R, karena lapisan kampas lebih panjang dan lembut,” lanjut pria asli Lampung ini.

Kampas Kopling
Jika milik Vega ZR aus, bisa ganti punya New Jupiter Z.

“Harga dan bentuk sama,” terangnya lagi. Sedang bebek generasi sebelumnya semua sama, walaupun ada perbedaan part number dan harga, namun bisa saling menggantikan.

Antara Scorpio dan V-Ixion sama.

“Tapi bahan lebih bagus milik Scorpio, harganya juga lebih murah,” terangnya sambil menambahkan milik Scorpio Rp 140 ribu, V-Ixion Rp 200 ribu.

Untuk kampas kopling skutik, semua varian juga sama. “Kecuali Xeon tentunya, karena basis mesinnya kan lain.”

CDI
“Yang sama persis milik Mio Sporty dan Mio Soul,” lanjut mekanik berputra 2 ini.

Filter Oli
Mesti diganti tiap 8 ribu km. Terdapat pada New Jupiter Z, Vega ZR, V-Ixion dan Scorpio. Untuk tiga tipe pertama sama persis, terbuat dari kertas.

“Yang beda dan lebih awet, tapi bisa juga dipakai, yakni milik Scorpio. Karena dari tembaga, jadi bisa dicuci,” lanjutnya sambil menambahkan harganya Rp 80.000, sedang yang kertas Rp 25.000.

Aki
“Antara New Jupiter Z, Mio Soul, V-Ixion, Xeon sama, pakainya aki kering. Sedang Vega ZR kesamaannya dengan Mio Sporty dan Jupiter MX,” paparnya lagi.

Bohlam
Buat lampu belakang semua varian sama. Sedang bohlam depan dibedakan dari jenis lampu. Sesama pemakai lampu dua, kayak New Jupiter Z sama dengan Jupiter Z lama. Sedang lampu tunggal, seperti Vega ZR sama dengan Jupiter MX.

Sil Sokbreker
Sil sokbreker depan jika dibiarkan bocor, lama-lama oli habis, peredaman tak nyaman dan bikin as sokbereker baret.

Tak perlu susah mencari, karena semua bebek Yamaha sama, berdiameter 26 mm. Varian sport V-Ixion dan Scorpio juga sama-sama 33 mm.

Busi
Pemercik api di ruang bakar yang sama antara Vega, Vega R, Vega ZR, Jupiter, Jupiter Z, New Jupiter Z, Crypton.

Penulis/Foto: Aant / Aant

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa