Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Substitusi Sil Master rem Belakang Aftermarket

Editor - Rabu, 30 Juni 2010 | 06:53 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Dari pabriknya, bagian pengereman di Yamaha Scorpio udah dirancang semaksimal mungkin. Namun begitu, masih banyak yang gak puas dengan rem belakang model teromol bawaan pabrik. Alhasil, banyak di antaranya yang mengganti dengan tipe cakram.

Sebut saja Rahmat Wicaksono. Salah satu warga Jatibening, Pondok Gede, Bekasi yang juga pengguna ‘Kalajengking’ keluaran 2004. Kuda besinya juga sudah mengaplikasikan peranti penghenti laju model cakram pada roda bagian belakang. Cuma ya itu, cakramnya model paketan yang ditawarkan beberapa bengkel. 

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3

Gbr 4

“Tapi gak tahu kenapa selalu bermasalah, seperti rem blong dan kadang kosong saat pedal rem diinjak,” keluh mahasiswa sebuah perguruan tinggi di Jakarta ini.

Setelah ditelusuri, eh ternyata masalah kualitas sil master rem yang jadi biang keroknya. Maklum, paket cakram yang diaplikasinya merupakan produk KW alias kualitas nomor dua (model Suzuki).

Tanpa basa-basi, Rahmat pun langsung menggiring kuda besinya ke bengkel Gerai Motor (GM) yang dinahkodai Ismam. “Ganti aja silnya pakai punya Suzuki Satria FU yang dihargai sekitar Rp 50 ribuan (gbr.1). Oh ya, baiknya beli yang orisinal, karena bahannya lebih kuat dan tahan lama,” sarannya. Oke langsung simak tahap pengerjaannya ya!

Siapkan dulu kunci-kunci yang dibutuhkan; kunci L-5, kunci 10 dan juga tang klip untuk membuka klip yang ada di bagian dalam master rem tersebut. Sekarang, ayo kita mulai beraksi. Pertama, buka dulu baut pegangan yang berada tepat di tuas rem (gbr.2) dengan memanfaatkan kunci 10.

Sudah? Lanjutkan mencopot baut pegangan master rem menggunakan kunci L-5 (gbr.3). Mungkin bisa juga pakai kunci 10 kalau pegangannya menggunakan baut biasa. “Intinya tergantung model master rem yang dipakai,” tambah Ismam.

Setelah sudah terlepas, pastikan posisi master rem menghadap ke atas atau lebih tinggi dari tabung minyak remnya. “Posisi harus dibalik ke atas agar oli yang tersisa di dalam master tidak berceceran keluar,” sarannya.

Sekarang tinggal buka klip penguncinya menggunakan tang khusus untuk membuka bagian klip (gbr.4). Kalau sudah, tarik keluar as master rem dan ganti bagian silnya “Sebelum pasang yang baru, lebih baik bersihkan dulu bagian as master rem,” imbuh pria berpostur tinggi ini.

Sudah bersih? Nah tinggal melakukan tahap finishing deh! rakit kembali peranti yang sudah kita lepas, dengan membalik langkah-langkah yang sudah dilakukan dari awal.

Gerai Motor (GM)
021-98062027


Penulis/Foto: Kadafi / Kadafi

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa