Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Instan Upgrade Kaki-Kaki V-Ixion

Editor - Kamis, 10 Juni 2010 | 07:21 WIB
Cara Instan Upgrade Kaki-Kaki V-Ixion
Cara Instan Upgrade Kaki-Kaki V-Ixion

OTOMOTIFNET - Salah satu cara bikin macho V-Ixion, permak bagian kaki-kaki lewat aplikasi part aftermarket yang beredar di pasaran. "Setelah itu baru ke bagian lain," ucap Efnu Prastowo, bos Thole Motor Modification (TMM) di Jl. Serdang Raya, Kemayoran, Jakpus.

Penggantiannya antara lain, pelek asli  ditukar model palang berprofil lebih lebar plus kedua bannya. Pilihannya ada Power, RGV, Sprint, V-Rosi dan lainnya (gbr.1). "Harga dari Rp 800 ribu hingga Rp 1,2 juta," urai E.M.A. Choliqienas, juragan Raja Motor Ciledug (RMC), Tangerang.

Ban bisa pakai Brigestone Battlax, Swallow Deli Tire, FDR dan Pirelli (gbr.2) dan banderol bervariasi sesuai ukuran. Dari Rp 600 ribu/pcs hingga Rp 1,5 juta/pcs.

Setelah itu bisa sambung aplikasi kondom arm (gbr.3) atau ganti swing arm aftermarket. "Kondom arm buat ngejar sosok lebih matching dan proporsional sama roda gede. Harganya Rp 450-550 ribu," imbuh Choliqienas.

Bagi yang punya budget lebih, bisa aplikasi swing arm ala moge khusus Vixie, model pisang, supermoto atau model lain. "Harga juga tak terlalu kuras dompet kok, model supermoto sekitar Rp 500 ribu, sedang model banana Rp 750 ribu (gbr.4)," tawar Yeyen, karyawan Inti Jaya Motor (IJM) di Jl. Kebon Jeruk III/77, Jakbar.

Tapi bagi yang mau swing arm orisinal yang sudah di-custom ala CBR 600, TMM menawarkan seharga Rp 2 juta. "Urusan kenyamanan dan keamanan dijamin, sebab berbahan dasar swing arm standar yang saya custom dari fiber," aku Thole, panggilan akrab bos TMM ini.

Terus, guna bikin yahud pengereman belakang, bisa juga adopsi cakram belakang (gbr.5). Baik pakai produk aftermarket atau part copotan motor lain. Biaya Rp 600 ribu - Rp 1 juta, tergantung merek.

Wajar jika cara di atas disukai motormania. Selain hemat biaya, juga ekspres. "Ganti pelek dan ban sekitar 2 jam. Tapi kalau sekalian ganti arm custom atau lokal plus pasang cakram belakang, cukup sehari. Pagi masuk, sore jadi. Tak perlu rawat inap," terang Thole.

Perkiraan Harga Part  
Pelek palang lebar Rp 800 ribu - Rp 1,2 juta
Ban lebar (tubeless) / pcs Rp 600 ribu - Rp 1,5 juta
Kondom arm Rp 450 ribu - Rp 550 ribu
Swing arm Aftermarket Rp 500 ribu - Rp 750 ribu
Paket cakram belakang Rp 600 ribu - 1 juta


Penulis/Foto: Banar / Banar

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa