Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Buntut Ala Motor Balap Di Honda CBR150

Editor - Jumat, 25 Juni 2010 | 06:50 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Ubah tampilan tunggangan jadi keren, enggak harus merombak tunggangan sampai ekstrem. Motormania bisa hanya mengganti atau menambah peranti custom tertentu yang sudah banyak beredar di pasaran yang sifatnya plug and play (PNP).

Salah satunya buntut Honda CBR 150 model balap yang ditawarkan Bambang Mustriono ini. Peranti berbahan fiber ini bisa menambah tampilan jadi lebih sporty, keren dan gaya.

“Warnanya tersedia dalam berbagai macam pilihan, sesuai motor Anda. Kalo mau warna lain, bisa pesan juga kok,” tawar pria yang buka workshop Bangky Motor Sport (BMS) di Jl. Ir. Juanda No.12, Depok, Jabar ini.

Bila motormania tertarik dan kepengin aplikasi pada tunggangannya, baik pasang sendiri maupun diboyong ke bengkel, berikut ini diberi panduan cara pasang peranti yang dibanderol Rp 1 juta ini.

Sebelumnya siapkan obeng kembang, kunci T-10, L-4, L-5 dan L-6. Pertama, lepas 4 baut pengikat behel pakai kunci L-6 (gbr.1), dilanjutkan lepas 2 baut pengikat cover bagian atas dekat behel, pakai kunci L-5.

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3
No caption
No credit
No caption

Gbr 4

Lalu buka 2 baut cover samping kiri kanan bagian bawah jok pakai obeng kembang (gbr.2), diteruskan copot 2 baut yang berada di bawah kolong, dengan obeng yang sama. Selanjutnya tinggal buka jok belakang pakai kunci kontak.

Nah sekarang giliran buka jok depan, yakni dengan cara melepas baut pengikatnya yang ada di bawah jok depan, pakai kunci L-4 (gbr.3). “Bagi yang belum pernah utak-atik motor ini, pasti kesulitan cara bukanya, soalnya posisinya agak ngumpet ke dalam persis di bawah jok depan,” tutur Fajar Kurniawan, teknisi BMS.


Gbr 5

Langkah selanjutnya, copot 2 baut pengikat cover bagian tengah yang berada di antara kedua jok, gunakan obeng kembang. Kalau sudah, tinggal lepas cover belakang dengan cara ditarik ke belakang.

Lalu copot stoplamp (SL) dari dudukannya dengan cara, membuka baut pengikatnya dengan kunci T-10, (gbr.4) yang dilanjutkan melepas soket kabel SL pakai tangan. “Oh ya, kalau buntut yang model balap, SL gak kepakai. Tapi kalau beli yang model SL standarnya masih terpakai, tak perlu lepas SL. Harganya Rp 900 ribu,” beber Fajar.

Lalu, pasang buntut baru dengan cara kebalikan saat membongkarnya. Namun buntut baru ini, cover tengahnya diikat pakai 3 baut dari atas, pakai obeng kembang (gbr.5).

“Cover ini selain sebagai penutup, berfungsi bikin pantat rider lebih leluasa. Juga sebagai jalan/lubang untuk mempermudah empunya motor saat mo buka jok depan. Gampang kan cara pasangnya, cukup 20 menit sudah lebih gaya,” tutup mekanik CBR lebih dari 3 tahun ini.

BMS : 021-77201133


Penulis/Foto: Banar / Banar

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa