Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Substitusi Kampas & Per Kopling Honda CBR150

Editor - Rabu, 3 Februari 2010 | 11:24 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Honda CBR150 versi Thailand yang masuk lewat importir umum (IU)) sejak beberapa tahun lalu ini, mulai perlu penggantian suku cadang. Namanya juga motor dipakai, pasti ada saja bagian yang sudah rusak.

Namun, problem seputar pengadaan spare-parts asli selalu ada.  “Mau cari ke AHASS pasti tak tersedia, tetapi kalau beli versi impor atau racing pasti mahal,” keluh Tomi yang baru bedah rumah kopling CBR150 miliknya. Untung beberapa parts inti bisa saling substitusi dari produk Honda yang sudah beredar resmi di Tanah Air.

LEBIH MURAH

Ini juga berkat tangan dingin Tomi dari Ngayun Speed yang cukup getol ngulik. Dari beberapa kali ngoprek rumah kopling CBR150, bisa ketahuan kalau kampas kopling CBR150 ternyata setali tiga uang dengan kampas kopling Honda CS1. Melirik dimensi dan ukuran, nyaris tak berbeda dengan milik CBR150.

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3

Gbr 4

Selain lebih mudah didapat, harganya pun terjangkau. “Kampas kopling orisinal CBR dari Thailand sekitar Rp 350 ribu sementara banderol resmi kampas kopling genuine Honda Tiger 2000 sekitar Rp 160 ribu,” jelas Tomi. Ternyata kampas kopling CS1 mirip dengan kampas kopling Tiger 2000 yang juga bisa diaplikasi.

Bicara selisih harga, jelas bisa memberi angin segar bagi pemilik CBR. Menyoal kualitas, tak perlu ragu. “Meski tak setahan kampas kopling CBR150, karena sama-sama genuine parts masih cukup mumpuni,” jelas Tomi. Jumlah kampas 4+1 artinya 4 buah kampas lebar dan sebuah kampas kecil. Berlaku sama untuk Honda CS1 yang memiliki konfigurasi sama.

Parts lain yang bisa saling tukar adalah per kopling. Untuk 4 buah unit per kopling yang sudah berumur, performa pasti menurun. Mau ganti asli Thailand, harga satu set sekitar Rp 240 ribu (4 buah per kopling).

Kalau mau murah meriah tanpa mengorbankan kualitas, bisa melirik per kopling (clutch spring) milik Honda Tiger 2000. Harganya pun lebih bersahabat karena dipatok sekitar Rp 80 ribu saja. Cara pemasangan pun sama. Tinggal buka bak kopling sebelah kiri dan buka pelat pengganjal per kopling (gbr.1).

Turunkan rumah kopling (gbr.2) untuk mengganti satu set kampas kopling (gbr.3) dan dilanjut dengan 4 buah per kopling anyar (gbr.4). Pengerjaan hanya memakan waktu sejam dengan pemakaian kunci sederhana (bukan special tools).

Penulis/Foto: Kl:X / KLX

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa