Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Klub Asing dan Narkoba Isu Persaingan Antar Klub?

billy - Selasa, 12 Juli 2011 | 16:01 WIB
No caption
No credit
No caption

 
 
Sinyalemen pihak kepolisian, yang dinyatakan oleh Kombes Fachrudin, Dirserse Polda Jawa Barat bahwa klub motor asing yang masuk ke Indonesia mempunya misi merusak melalui sindikasi narkoba (NTMC Polri, 29 Juni 2011) dianggap sebagai persaingan antar klub dengan berupaya menghembuskan isu jelek alias black campaign.

Seorang anggota klub asing yang berdomisili di Jakarta, sebut saja Rudi,  mengungkapkan berita ini sengaja dihembuskan untuk memberikan citra negatif kepada klub itu. “Ada semacam persaingan tidak sehat di antara klub ini.” 

Persaingan ini menurutnya, bisa dikarenakan adanya semacam ketakutan akan hilangnya dominasi klub motor yang telah ada sebelumnya. “Padahal setahu saya, klub motor asing yang ada di Indonesia memiliki aturan hukum yang tidak membolehkan melanggar seperti itu. Narkoba atau menyelingkuhi istri brother, haram hukumnya,” tegasnya.

El Presidente Biker Brotherhood, salah satu komunitas motor terbesar di Bandung, Budi Dalton Setiawan mengatakan siapapun dia, mau klub atau bukan kalau memang melanggar ya memang wajib ditindak. “Itu sih urusan hukum,” katanya dalam pesan singkatnya ke MOTOR Plus karena sedang berada di China.

Menanggapi hal ini, kriminolog dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Yesmil Anway bilang klub motor di Jawa Barat selama ini mengikuti paham dari klub atau geng motor di Amerika. “Mereka lahir karena mengikuti yang ada di luar negeri, jadi berantas sistemnya saja,” tegasnya.

Ia juga menambahkan bahwa pihak kepolisian juga harus lebih bijaksana dalam mengendalikan geng motor. Kalau peredaran narkotika bisa lewat apa pun, bisa lewat perempuan, kurir jadi tidak hanya lewat klub motor. “Kalau mau berantas patologi  atau penyakit di geng motornya saja,” tutup dia. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa