Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Up Grade Tampilan Mobil Pakai Body Part Copotan

billy - Senin, 13 Desember 2010 | 12:22 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption



Jakarta- ATPM mobil saat ini umumnya menawarkan varian baru dengan rentang tipe cukup banyak. Hal ini ditujukan supaya daya serap pasar lebih besar, terutama untuk model yang banyak diincar masyarakat.

Tak mengherankan jika produk refreshment, alias penyegaran tampilan mulai kategori facelift maupun minor change, sering bermunculan demi memuaskan pasar. Kondisi ini juga memicu kecemburuan bagi sebagian kalangan, yang memiliki varian mobil tipe pertama atau kasta paling rendah, lantaran modelnya sudah ketinggalan zaman.

Kondisi 85%

Bagi mereka yang ingin besutannya tampil awet muda dan terlihat beda, namun belum bisa mengganti dengan tipe terbaru atau yang lebih tinggi, bisa melakukan upgrade tipe dengan panel copotan.

Sebenarnya fenomena mengubah tampilan eksterior menjadi lebih muda, atau mirip dengan tipe teratas dalam keluarga sebuah varian mobil, sudah berkembang di era '90-an. Namun saat itu pilihannya tidak sebanyak sekarang.


Panel bemper rentan cacat, untuk itu diperlukan proses pengecatan ulang. Satu set body part copotan dari tipe teratas, dapat dijadikan alternatif bikin tampilan tetap awet muda

Seiring pesatnya penjualan mobil baru di Tanah Air dengan beragam varian dan tipe, berdampak pada membanjirnya stok body part copotan di pasaran umum. Kondisi ini dimanfaatkan pedagang part bodi copotan untuk menggairahkan bisnis mereka.

Umumnya barang yang mereka tawarkan punya kualitas tidak terlalu buruk. "Secara umum, body part maupun lampu-lampu yang saya jual ke pemakai, dalam kondisi 85% layak pakai," jujur Maman Supriyono, pemilik kios Solo Motor (SM) di Pasar Mobil Kemayoran Blok S No.129, Jakpus.

Begitu pun yang ditawarkan Dadan dari Syifa Jaya, Jl. H. Mencong, Ciledug, Tangerang. "Komponen bodi copotan yang saya jual, beberapa ada yang masih baru dan belum terdapat cacat sedikit pun. Ada juga yang masih belum di cat dengan kondisi 85%," beber pria ramah ini.

Rata-rata komponen bodi seperti panel bemper, gril, lampu-lampu, didapatkan dari hasil lelangan perusahaan asuransi mobil. Enggak heran jika kondisi barang masih tergolong mulus, lantaran kerusakan atau cacat sekecil apapun, biasanya diganti dengan komponen baru oleh pihak asuransi.

Jika komponen sudah dicat ulang menyesuaikan warna standarnya, kondisi keseluruhan bisa mendekati sempurna sekitar 90%. Proses penggarapannya juga tak makan waktu lama. "Untuk pengerjaan, paling cepat sekitar 3 jam, dan paling lama sehari," imbuh Maman.

Untuk pengecatan biasanya dipungut biaya tambahan. "Satu set body partToyota Yaris, mulai bemper depan-belakang dan kap mesin, ongkos pengecatannya Rp 1 juta. Untuk Avanza sekitar Rp 300 ribu, dan Suzuki APV Rp 600 ribu," rinci Dadan.

Panel bodi yang banyak ditawarkan pemain komponen copotan mobil tadi seperti kap mesin, lampu belakang, head lamp, bemper depan-belakang, lis, garnis dan gril.

Pilihan terbanyak umumnya dari varian yang laris di pasaran. Seperti Toyota Avanza, Yaris, Soluna, Kijang Innova sampai Kijang kapsul. Ada pula Daihatsu Xenia, Suzuki APV Arena, Honda Jazz dan CR-V.

Pemasangan komponen bodi ini tak perlu melakukan ubahan, "Karena dudukannya sama persis, meskipun beda tipe dan tahunnya. Misalnya gril Avanza 2008, kancing dudukannya sama persis dengan model 2004," jelas Dadan.

Bahkan untuk mengubah Ford Laser lawas menyerupai tampang Toyota Soluna sangat mudah. "Hanya perlu ganti bemper depan-belakang dan lampu-lampu, eksterior langsung berubah tampang," yakin Maman.

Beberapa pilihan up-grade tipe dengan body part copotan ini, bisa disimak pada tabel berikut.

 1. Toyota Yaris  up grade ke
 New Yaris
Rp 4-4,25 juta (kap mesin, lampu depan-belakang, bemper depan-belakang).
 2. Toyota Innova Lama                           
   New Innova 
Rp 3-3,5 juta (kap mesin, lampu depan-belakang, bemper depan-belakang).
 3. Toyota Kijang 2000    Kijang 2004  Rp 2 juta (Bemper depan-belakang, lampu-lampu).
 4. Toyota Avanza G    Avanza S  Rp 4 juta (Lampu depan-belakang, bemper depan-belakang).
 5. Toyota Avanza 2004    Avanza 2008  Rp 2,3 juta (Lampu depan-belakang, bemper depan, gril, lis).
 6. Daihatsu Xenia Mi    Xenia Xi  Rp 2,5-4 juta (Lampu depan-belakang, bemper depan, gril, lis).
 7. Honda CR-V 2003    CR-V 2006  Rp 6,5 juta.
 8. Honda CR-V 2003    CR-V 2005  Rp 5 juta.
 9. Honda Jazz i-DSI                                

vtec  Rp 3-4,5 juta.
 10. Ford Laser    Toyota Soluna  Rp 1 juta (Bemper depan-belakang, lampu-lampu).
 11. Suzuki APV    APV Arena  Rp 2,5-3,6 juta.

Solo Motor : 021-337124505
Syita Jaya : 021-73440035

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa