Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Alarm Mobil Entry Level, Bikin Tidur Makin Tenang

billy - Senin, 29 November 2010 | 09:41 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


OTOMOTIFNET
- Makin takut sama kelakuan maling zaman sekarang yang rasa-rasanya susah bikin tidur nyenyak. Masak mesti taruh satpam 24 jam di sekeliling garasi cuma biar hari tenang. Belum ongkosnya yang enggak kira-kira. Mending cari aja yuk alarm aftermarket entry level alias versi murmer (murah meriah). Tapi bukan berarti fiturnya enggak ada apa-apanya ya, at least memperlambat kerja si panjang tangan kan.

Beragam sentra onderdil sendiri banyak beredar segala jenis dan model alarm. Rentang harganya juga sangat lebar, mulai dari Rp 250 ribu hingga jutaan. Bingung cara milihnya? Usah ribet lagi karena setidaknya bisa pilih yang punya harga normal. Maksudnya, tak terlalu mahal tapi sudah cukup bikin pusing maling. Tapi jangan sembarang pilih ya, biar enggak tambah bikin pusing loh. 

"Alarm entry level setidaknya berharga sekitar Rp 600 ribu yang punya fitur lumayan komplit," terang Anthony Lauw, pemilik merek G-Forces dan Guardian. Rentang harga tersebut dinilai sudah cukup mumpuni untuk bikin setidaknya tidur lebih nyaman. Fitur paling awal, remote setidaknya punya kombinasi yang terdiri dari jutaan angka untuk menghindari angka tersebut diduplikasi. Lebih baik lagi ketika angka tersebut sudah rolling code. Jadi kombinasi yang muncul setiap kali menekan remote selalu berbeda.



Misal juga merek Omni Guard yang punya antishock 2 getaran untuk mendeteksi jenis gangguan yang muncul. "Kalau hanya kena getaran ringan, maka bunyi alarm juga pelan begitu sebaliknya kalau kena getaran yang kencang," papar pria ramah berkacamata ini. Kemudian alarm juga diharapkan sudah dilengkapi dengan antistarter yang membuat mesin tak bisa dihidupkan kalau modul membaca pintu telah dibuka paksa.

Selain itu, kualitas remote juga perlu dilihat mendetail. Tengok merek Master seri BS-2 yang punya remote water resistant. Artinya, kalau sekadar terpercik air ataupun kena hujan, remote tak gampang rusak, efeknya lagi tentu daya tahan remote makin panjang. "Control unit BS-2 terbuat dari microprossesor hingga fitur-fiturnya mudah ditambahkan," ujar Merisca, pemegang merek Master.

Kelebihan remote merek Master berasal dari lapisan plastik yang melindungi sekeliling modul remote. Tak hanya kualitas remote tentu, tapi juga fitur yang mudah diinstall. "Tinggal tambah anti starter ataupun antishock, fitur BS-2 lebih dari cukup untuk alarm entry level," lanjut wanita yang sudah puluhan tahun berkutat dengan dunia alarm ini. Pastinya, dengan dilindungi plastik di bodi remote, maka usia pakai alarm dijamin akan lebih panjang.

Mau tahu cara alarm pernah aktif atau enggak juga bisa terdeteksi. Misalkan ketika ingin buka pintu alarm berbunyi 3 kali dari yang seharusnya 2 kali. "Artinya alarm pernah berbunyi ketika ditinggal pergi," urai wanita berpotongan rambut pendek ini. Arti selanjutnya lihat lagi di kedipan lampu indikator. Kalau berkedip 3 kali, artinya pintu pernah terbuka, berkedip 5 kali artinya kunci kontak pernah di posisi ON. Mematikannya tinggal putar kunci kontak di posisi ON kemudian OFF sekali saja.

Enggak perlu khawatir berlebih lagi deh sekarang.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa