Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kuras Minyak Kopling Honda Jazz, Bikin Pedal Enteng

Editor - Senin, 1 November 2010 | 11:43 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Namanya usia, apalagi kondisi Indonesia yang udaranya terkenal kotor polusi, pasti ada saja debu-debu nakal yang nyelip. Tak terkecuali di minyak kopling yang seharusnya jalur tertutup. "Rasanya justru kaya plat kopling habis," ujar Niken Wardhani, pengguna Honda Jazz lansiran 2006 yang sempat bermasalah dengan urusan kopling miliknya.

Setelah dibawa ke bengkel OSS di Jl. Panjang No. 8A, Jakbar, akhirnya diputuskan untuk menguras terlebih dahulu minyak kopling sebelum membongkar keseluruhan transmisi. Padahal minyak di bagian atas master kopling masih terlihat bening dan jernih (Gbr.1). "Biasanya dari kotoran yang menumpuk di bagian bawah master kopling," terang Sukandi, mekanik OSS asli Jakarta ini.

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3

Gbr 4

Kotoran yang menumpuk di bawah itulah yang membuat pedal bagaikan plat kopling habis. Seperti diketahui, cairan merupakan zat yang tak bisa dikompresi, oleh karena itu kotoran yang ada justru membuat tekanan pedal berubah karena kotoran yang ada dikompresi oleh minyak kopling. Menghilangkannya mudah kok, pun cukup bermodalkan obeng kembang dan kunci ring 8 mm untuk membuka nepel pembuangan minyak kopling.

Ketahui dulu letak master kopling berada di sisi depan perbatasan mesin dan transmisi, di bawah boks filter udara. Agar lebih memudahkan pekerjaan, sebaiknya sih bongkar dulu filter udara (Gbr.2). "Biar lebih gampang buka 2 buah baut 10 mm pengunci filter udara," lanjut Botak, panggilan akrab Sukandi.

Setelah seluruh bagian master kopling terlihat, giliran kuras minyak menggunakan minyak rem. Sesuaikan dengan spesifikasi Honda Jazz yang merekomendasikan minyak rem minimal DOT 3 atau DOT 4. Siapkan slang kecil yang berdiameter sama dengan nepel untuk membuang minyak bekas, kemudian buka sedikit saja baut 8 mm nepel ke arah kiri putaran jam (Gbr.3).

"Gunanya untuk mengeluarkan minyak kopling yang kotor di bagian bawah master," papar mekanik berambut ikal ini. Tentunya sambil mengocok pedal beberapa kali dan jaga isi minyak di tabung jangan sampai habis ya. Bahaya kalau sampai masuk udara palsu. Bisa-bisa ulang lagi kerjaan dari awal.

Kelar memompa kotoran keluar, sekarang tinggal setel minyak kopling sesuai bawaan aslinya. Caranya, kocok pedal kopling beberapa kali kemudian buka nepel untuk mengeluarkan minyak bekas (Gbr.4). Ulangi sekitar 4 sampai 5 kali supaya yakin seluruh minyak kotor keluar semua. Kemudian tinggal rasakan perbedaan setelah minyak kopling bersih kembali. Jadi lembut kan pedal  kopling sekarang.

Penulis/Foto: Rio / Rio 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa