Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cek List Komponen Vital Honda Ferio

Editor - Rabu, 25 Agustus 2010 | 15:26 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Lanjut ke pengecekan bagian lagi pada Honda Ferio tunggangan Anda. Misalnya,  sistem pendingin. Meski terkenal bandel tapi harus tetap dilakukan pengecekan rutin.

Sistem Pendingin

Mesin Ferio VTEC terkenal handal. Selain bertenaga tetapi juga efisien. Sistem pendinginan seperti radiator, water pump dan elektric fan jadi kuncian. Maklumlah, mesinnya banyak mengusung material aluminium.

Pastikan flow air di radiator mengalir dengan baik. Ini berarti radiator tidak mampet dan kinerja waterpump masih bagus. “Servis radiator Ferio sekitar Rp 200 ribu termasuk garansi sebulan,” jelas Agus dari Radiator Rapih di Pondok Cabe, Jaksel.

Kalau sampai harus ganti versi ori bisa Rp 2 jutaan dan harus inden. Atau alternatif lain pakai copotan eks limbah singapura seharga Rp 750 ribu. “Itupun harus bawa contoh agar tak salah belanja,” terang Haji Agus dari CV. Dua Sekawan.

No caption
No credit
No caption

Transmisi

Lazimnya girboks Ferio sudah transmission overhaul. Khususnya transmisi matik. “Paling tidak lakukan pengurasan matik dengan pelumas khusus Honda,” terang Badawi dari Honda Tendean, Jaksel.

Menurut spesialis matik seperti Holil di Cileduk, Jaksel, biaya overhaul dan sparepart mencapai Rp 4,5 jutaan jika mati mengalami gangguan parah.

Versi manual, lakukan pengecekan pelat kopling, dekrup (matahari) hingga release bearing atau laher. Kalau sudah afkir, lakukan penggantian karena bisa menimbulkan efek bergetar hingga ke setir saat melepas pedal kopling.

Namun jika Anda mau turun kopling set, bisa ganti versi original atau aftermarket. “Seperti FCC kopling setnya cuma Rp 900 ribuan,” terang Willy dari Kemayoran Motor, PMK, Jakpus.

No caption
No credit
No caption

Kampas Rem

Tak pernah kapok untuk membahas kampas rem karena nyawa sangat bergantung pada perangkat deselerasi yang satu ini. Khususnya untuk Ferio versi transmisi matik, jangan segan untuk mengganti kampas rem pada keempat roda.

Bila perlu tebus kampas versi orisinal untuk keselamatan dan keamanan selama di jalan. Harganya tak seberapa dibandingkan nyawa pengemudi dan penumpang, tetapi memiliki fungsi cukup vital menghentikan laju mobil.

Satu set kampas rem depan dipatok Rp 400 ribuan sementara untuk belakang hanya Rp 300 ribuan. Tinggal tambahkan ongkos kerja sang mekanik sebesar Rp 150 ribu. Biar nggak nanggung, sekalian cek minyak rem di tabung master rem atas.

Tune Up Kit

Bicara mesin dengan jam terbang tinggi seperti D16A milik Ferio, sudah sewajarnya bila pernah melakukan engine overhaul.

Pertahankan performa mesin dengan rajin melakukan perawatan seperti tune up dan ganti oli secara rutin. Namanya juga mobil sudah berumur diperlukan perlakuan lebih intensif.

“Harga busi dibanderol Rp 22.000/buah, sementara filter udara orisinal hanya Rp 100 ribu dan filter bensin seharga Rp 142.000,” ujar Badawi, selaku kepala bengkel Honda Tendean, Jaksel.

Relatif terjangkau dan membuat mesin tidak rewel saat dipakai harian. Salah satu daya tarik Ferio sehingga memiliki banyak fans.

Penulis/Foto: Bil, Kl:X, Daru / KLX

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa