Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cek AC Dan Kelistrikan Hyundai Avega

Editor - Jumat, 9 April 2010 | 16:17 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Kebanyakan mobil dengan usia 2 tahun sudah waktunya melakukan penggantian aki (baterai). Apalagi kalau dilengkapi perangkat kelistrikan tambahan seperti alarm, audio dan lampu berdaya besar.

Ini karena aki standar pabrik memang tidak besar. Makanya pengecekan aki dan sistem kelistrikan sudah seharusnya dilakukan bila Avega berusia di atas 2 tahun. Bila sudah waktunya ganti aki, segera siapkan dana antara Rp 400-600 ribu untuk aki anyar. Sementara service alternator berkisar Rp 200 ribu.

No caption
No credit
No caption

AKI dan kelistrikan
No caption
No credit
No caption

Cek AC

Cek AC

Kompresor buatan Korea tak kalah dengan produk Jepang atau Eropa. Namun berhubung kompresor yang diusung tergolong kecil, pemantauan seputar AC menjadi wajib.  Vacuum oli kompresor dan isi freon R134 tak lebih dari Rp 200 ribu.


Rem

“Minimal lakukan pengecekan rutin setiap 6 bulan sekali untuk memastikan freon selalu penuh,” jelas Mamat dari Lin Karya AC di Kedoya, Jakarta Barat. Bila perlu tambahkan vitamin AC agar daya tahan bisa lebih lama. Cukup diinject lewat nipel di kompresor AC.

REM

Mobil penggerak roda depan memiliki beban cukup besar. Sistem pengereman ikut bekerja keras menahan laju roda depan dan belakang.

Harga parts dan ongkos perbaikan se­benarnya tak ma­hal, ketimbang ha­rus mengganti unit pi­ringan cakram kare­na rusak terkontaminasi kampas rem yang sudah habis.

Biaya servis rem keempat roda harus ditebus dengan dana Rp 400 ribuan agar pengereman kembali ciamik.


Penulis/Foto: Kl:X / KLX

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa